Cara Mudah Memantau Siklus Menstruasi

Rabu, 02 April 2014 16:26 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Metode yang paling mudah untuk memantau menstruasi, adalah dengan cara mencatat secara tepat kejadian yang berhubungan dengan menstruasi Anda pada kalendar. Catatan ini, bisa menjadi sumber data tentang kesehatan reproduksi. Sangat penting bagi kita, perempuan untuk mengetahui kapan hari pertama menstruasi terakhir yang kita alami. Sehingga jika sesuatu yang tidak wajar terjadi dan kita perlu berkonsultasi ke dokter, catatan pada kalendar ini, dapat memberi informasi lengkap.

Agar mudah melakukannya, cermati dan lakukan langkah-langkah ini: 

Putuskan apa yang akan digunakan untuk mencatat menstruasi pada kalender. Anda bisa menulis H1, H2 untuk menandai tanggal sesuai hari-hari menstruasi, atau melingkari tanggal-tanggal selama mengalami menstruasi. Gunakan spidol berwarna, agar hari-hari tersebut mudah terlihat.

Setiap hari, selama mensturasi, gambarkan volume darah yang keluar di kalender itu. Caranya bisa dengan menggunakan kode B (Banyak), Se (Sedang), Si (Sedikit), pada setiap kotak kalender. Jika volume darah menstruasi sangat banyak atau sangat sedikit, beri tanda "X" di depan abjad tadi untuk menandakan kondisi extra. 

Anda mengalami PMS (Gejala Sebelum Menstruasi)? Tuliskan di kalendar yang sama. Jelaskan perasaan, jenis gejala yang dialami dari hari ke hari. 

Apakah Anda mengalami sakit kepala? Kembung, atau pembengkakan? Merasa senang, atau justru uring-uringan sepanjang hari? Hanya satu atau dua kata setiap hari, bisa membuat Anda memahami siklus menstruasi, dan dapat memberi data yang lengkap pada dokter sehingga mudah membantu Anda jika terjadi sesuatu.


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/539-cara-mudah-memantau-siklus-menstruasi.html