Kunjungan Turis Mancanegara Meningkat Ke Danau Maninjau

Sabtu, 15 Februari 2020 10:15 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Peningkatan kunjungan Turis Mancanegara ke Danau Maninjau semakin meningkat. Hal tersebut berdasarkan data kunjungan di Penginapan Muaro Beach dan Bagoes di Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.

Eka Hendra (42) pemilik sekaligus pengelola Homestay Muaro Beach mengatakan peningkatan tersebut sudah berlangsung 5 tahun belakangan. Rata-rata kunjungan sudah bisa mencapai 100 orang.

“Biasanya tamu ramai datang hanya di bulan Juni, Juli dan Agustus saja. Namun awal Februari 2020 ini terjadi peningkatan cukup signifikan,” ungkapnya kepada Prokabar.com, Sabtu siang (15/2).

Peningkatan mencapai 30 persen hingga Mei hingga September yakni sekitar 30 orang. Dan tamu itu tidak tertutup kemungkinan juga sering menambah boking waktu selama satu minggu.

Sebelumnya kunjungan hanya sekitar 20 orang saja rata-ratanya perbulan. Namun sekarang sudah mencapai 100 orang.

“Berdasarkan pengalaman, peningkatan ini bergantung pelayanan dan kebersihan penginapan yang kita kelola. Dukungan masyarakat sekitar juga sangat baik, sehingga para touris Eropa ini ketagihan berkunjung ke sini. Bahkan mengajak dan memberitahukan teman-teman di daerah mereka tinggal,” terangnya.

Selain pemandangan alam nan indah, Selingkar Danau Maninjau memiliki air terjun, dan lokasi traiking mengasikan berbagai titik.

Traking di Puncak Lawang ke Gasang, Keliling Danau Maninjau dengan motor sebagai kegiatan rutin. Waktu dalam sehari cukup untuk menikmati keindahan alam Danau Maninjau.

“Kami sangat berharap kepada pemerintah daerah untuk lebih mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat untuk sadar wisata. Meningkatkan UMKM spesifik unik dan menarik seperti benda peninggalan sejarah dari masyarakat. Serta pakaian corak tradisional khas Danau Maninjau,” pungkasnya.


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4997-kunjungan-turis-mancanegara-meningkat-ke-danau-maninjau.html