Nagari Tandikat Tuntaskan 100 Persen Penyedian Air Bersih Untuk 2.259 Jiwa

Sabtu, 08 Februari 2020 14:33 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, melalui Bupati Ali Mukhni, apresiasi Wali Nagari Tandikat, Saharuddin yang telah menuntaskan 100 persen penyediaan air bersih kepada seluruh masyarakatnya. Hal tersebut sesuai mensukseskan realisasi program Pamsimas dan PDAM.

“Kita apresiasi Walinagari Tandikat karena sukses merealisasikan dua Program penyediaan air bersih ini kepada seluruh masyarakatnya. Ini berkat realisasi program Pamsimas untuk 5 korong dan 3 korong dari saluran PDAM,” terangnya saat peresmiaan program tersebut, Jumat (7/2).

Bupati berharap dengan tuntasnya penyediaan air bersih di Nagari Tandikat, dapat memotivasi nagari se-kabupaten Padang Pariaman lainnya. Dapat meniru langkah-langkah yang dilakukan Wali Nagari Tandikat tersebut.

Sementara itu, Wali Nagari Tandikat, Saharuddin mengatakan, biasanya masyarakat Tandikat mendapatkan air bersih dengan cara pergi ke Sungai Batang Sani dan Batang Piaman. Mereka menempuh jarak sekitar 1 km. Dengan bantuan IDB Pamsimas sebesar Rp1,1 Miliar serta alokasi dana nagari sebesar Rp350 juta, Nagari Tandikat berhasil menuntaskan penyediaan air bersih.

“Masyarakat kami yang berjumlah 2.259 jiwa, sudah menikmati air bersih dan tidak lagi ke sungai untuk mencukupi kebutuhan pokok tersebut,” tuturnya.

Kabag Humas dan Protokol Padang Pariaman, Anton Wira Tanjung menambahkan, kegiatan berlangsung saat serah terima dan peresmian Pamsimas TA.2019 untuk 5 korong di Nagari Tandikat, Kecamatan Patamuan. “5 korong tersebut seperti Pulau Aie Barat, Lubuak Aro Tungka, Lubuak Aro Bukik Gadang, Pulau Aie Mudiak Balai dan Lubuak Aro Timur.

Kegiatan dihadiri Langsung Bupati, Anggota Dewan, Basir, Kepala Bapelitbangda, Kadis Kesehatan, Sekretaris DPMD, Kabid Tartim DISPUPR, Forkopimcam dan Walinagari se-kecamatan Patamuan,” pungkas Anton.


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4995-nagari-tandikat-tuntaskan-100-persen-penyedian-air-bersih-untuk-2259-jiwa.html