Gubernur Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Di Provinsi Sumbar

Kamis, 26 Desember 2019 10:42 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Berdasarkan perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Pariaman, intensitas curah hujan sangat tinggi di wilayah Sumatra Barat hingga 28, Februari 2020.

Seiring itu, hasil rapat koordinasi BPBD dengan perangkat kerja daerah dan lembaga terkait di Provinsi Sumatra Barat, dalam penanganan bencana alam yang terjadi dibeberapa lokasi. Memutuskan Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno melalui surat keputusan nomor 360 – 975 – 2019, menetapkan Provinsi Sumatra Barat Status Siaga Darurat Bencana Banjir, Banjir Bandang dan longsor di Seluruh Kabupaten/kota di Provinsi Sumatra Barat mulai 20 Desember 2019 hingga 28 Februari 2020.

Diktum Kesatu kepada Bupati/Walikota di Provinsi Sumatra Barat diminta melalui inventarisasi daerah rawan bencana dan mensosialisasikan kepada masyarakat melalui mitigasi dan pencegahan.

“Mengaktifkan pos siaga daerah rawan bencana untuk percepatan penanganan. Memastikan kondisi peralatan kebencanaan yang dimiliki di masing-masing kabupaten/kota dalam keadaan berfungsi,” perintahnya.

Dalam surat keputusan tersebut, Gubernur juga meminta seluruh daerah untuk berkoordinasi dengan perangkat daerah TNI/POLRI dan relawan untuk mengantisipasi dampak bencana. Mengaktifkan rencana kontjinsi sebagai rencana aksi dalam penanggulangan bencana.

“Status siaga darurat dalam Diktum Kesatu dapat diperpanjang atau diperpendek sesuai kebutuhan penyelenggaraan penanganan siaga darurat bencana di lapangan,” pungkasnya.


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4962-gubernur-tetapkan-status-siaga-darurat-bencana-di-provinsi-sumbar.html