Pemprov Sumbar Implementasikan Virtual Tim

Selasa, 22 Oktober 2019 10:36 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Kemajuan teknologi komunikasi membuat jarak tidak lagi menjadi halangan bagi setiap orang untuk dapat berkomunikasi secara verbal dengan hampir tidak ada waktu tunda (delay time).

Kemajuan inilah yang kemudian memungkinkan munculnya suatu bentuk kerja sama baru, tim virtual, yang anggotanya tersebar secara geografis, seperti yang telah diterapkan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat.

“Fenomena virtual tim sebenarnya telah diimplementasikan di Pemprov Sumbar. Semenjak lahirnya Perda Nomor 20 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Diskominfo Sumbar menciptakan aplikasi-aplikasi penunjang untuk mempermudah kinerja kepala daerah,” ujar Kepala Diskominfo Sumbar, Yeflin Luandri dilansir dari keterangan tertulis, Selasa (22/10)

Dia menambahkan, aplikasi-aplikasi yang dikembangkan seperti Surat Elektronik (Surek) dan tanda tangan digital (e-sign), membuat administrasi tidak mandek, walau pejabat terkait ada di luar daerah. Sehingga kerja tetap jalan, dan tujuan tim tercapai.

“Virtual tim ini sebenarnya multiplier effect,selain cepat dan low cost, juga dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi,” ujarnya.

Tak heran kata dia, aplikasi-aplikasi tersebut membuat Diskominfo Sumbar diganjar penghargaan OPD Terinovatif lingkup Pemprov Sumbar pada gelaran Evaluasi Inovasi Daerah beberapa waktu lalu. Hal ini menegaskan prestasi serupa yang diraih Pemprov Sumbar di Inovasi Government Award 2019 medio pertengahan Oktober.


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4919-pemprov-sumbar-implementasikan-virtual-tim.html