Puskesmas Pakan Rabaa Resmikan Ruang Rawat Inap

Senin, 29 Juli 2019 16:44 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Guna meningkatkan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat, pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota meningkatkan status Puskesmas Pakan Rabaa dari rawat jalan menjadi puskesmas rawat inap. Hal ini ditandai dengan penandatangan prasasti tanda diresmikannnya pemakain gedung rawat inap oleh bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dan peguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Limapuluh Kota, Monalisa di puskesmas setempat, Gadut, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Sabtu (27/7) kemaren.

“Telah dibangun puskesmas Pakan Rabaa pada tahun 2009 untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. dan pada tahun 2018 lalu pemerintah telah meningkatkan status rawat jalan menjadi rawat inap hingga hari ini (kemaren,red) kita resmikan pemakainnya,”ujar bupati Irfendi Arbi dalam sambutannya.

Menurutnya, ini merupakan komitmen peningkatan pelayanan kesehatan untuk menjadikan masyarakat sehat mengutamakan kepentingan dan keselamatan serta kesehatan diri dalam bekerja.

“Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Sebagai investasi pembangunan Sumber Daya Manusia yang produktif secara sosial dan ekonomi, “ungkapnya.
Untuk itu, dirinya berpesan agar seluruh tenaga kesahatan yang bertugas di Puskesmas Rawat Inap Pakan Rabaa agar dapat mengutamakan kepentingan dan keselamatan, serta kesehatan diri dalam bekerja. “Mudah-mudahan dengan adanya rawat inap ini lebih memberikan rasa aman bagi masyarakat sekitar untuk berobat dan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, kepala puskesmas Pakan Rabaa, Yelfi Netra Puspita dalam sambutannya mengatakan gedung rawat inap di puskesmas Pakan Rabaa ini sangat didambakan masyarakat sekitar.
Menurutnya, kehadiran tersebut dibuktikan dengan banyaknya pasien yang berobat setiap harinya. “Dalam sehari kita biasanya melayani 80 hingga 90 orang pasien. Umumnya banyak yang rawat jalan, namun dengan adanya gedung rawat inap ini tentunya sangat berdampak positif bagi masyarakat. Pada intinya Puskesmas rawat inap terlahir dari harapan dan kebutuhan masyarakat,”ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan terimakasih atas dukungan lintas sektoral sehingga kehadiran puskesmas rawat Inap di Pakan Rabaa bisa terwujud. Baginya, hal ini akan menjadi motivasi penggerak bagi petugas kesehatan di Pakan Rabaa untuk lebih memberikan pelayan semaksimal mungkin kepada masyarakat. Senada, Walinagari Labuah Gunuang Pakan Rabaa, Khairul Hadi dalam sambutannya menyebutkan selama ini pelayan kesehatan di Puskesmas Pakan Rabaa sudah berjalan dengan baik.

Tentunya, kehadiran gedung rawat inap ini lebih memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat untuk berobat, mengingat beberapa rumah sakit berada jauh dari nagarinya. “Dengan adanya rawat inap di Lareh Sago Halaban, masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi pergi berobat. Kita yakin kehadiran gedung sangat bermanfaat bagi masyarakat. Khairul Hadi juga meminta pemkab Limapuluh Kota lebih meningkatkan lagi sarana dan prasarana di puskesmas tersebut. “Terimakasih atas dukungan pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di nagari ini. Apa yang telah didambakan masyarakat akhirnya terwujud, “pungkasnya.


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4891-puskesmas-pakan-rabaa-resmikan-ruang-rawat-inap.html