Soft Launching Aplikasi AJO di Kota Padang, Siap Bersaing dengan Ojek Online yang Lainnya

Rabu, 24 Juli 2019 10:48 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Aplikasi startup asli anak nagari Minangkabau di bidang transportasi berbasis online, Antar Jemput Online (AJO) resmi beroperasi di Kota Padang. Itu setelah dilakukan soft launching bersama Bank Nagari, Minggu (21/7) di Coffe Shop Kupi Batigo.

Pendiri aplikasi AJO, Roni Efendi mengatakan, aplikasi AJO sudah berdiri sejak tahun 2018 lalu. Namun karena perlu banyak melakukan percobaan sekaligus penyempurnaan aplikasi, maka baru kemarin AJO bisa sepenuhnya dioperasikan.

Dia berharap, AJO mampu bersaing dengan kompetitor ojek online lainnya di Sumbar, sekaligus menjadi alat transportasi online pilihan masyarakat di Sumbar.

Ia mengungkapkan, sampai saat ini driver atau mitra AJO sudah mencapai 600 orang di Sumbar. Sementara di Kota Padang, sudah mencapai 300 orang. “Masyarakat Kota Padang sudah bisa menikmati layanan aplikasi AJO dengan mendownload aplikasinya di Playstore. AJO akan melayani masyarakat Kota Padang kemana pun tujuan mereka,” ungkapnya.

Aplikasi AJO mempunyai berbagai item yang sangat berbeda dengan kompetitor lain. Salah satunya yaitu nama item yang sangat kental dengan bahasa Minangkabau itu sendiri, selain jaket kuning serta helm kuning yang akan menjadi pusat perhatian saat di jalanan nanti.

“Ada item Jo Ojek untuk sepeda motor, Jo Oto untuk mobil, Jo Makanan, Jo Laundry, Jo Lapak, dan Jo Jasa. Yang unik dan beda dengan kompetitor yaitu pada Jo Jasa, ada item Jo Ustadz dimana masyarakat bisa memanggil guru ngaji untuk datang ke rumah mereka,” tuturnya.

Untuk tarif AJO sendiri, Roni mengatakan, Jo Ojek mematok tarif Rp 1.500 per kilometer sedangkan Jo Oto yakni Rp 3.500 per kilometer. “Ke depan kami berharap AJO bisa diterima oleh masyarakat Sumbar sehingga AJO menjadi pilihan angkutan online masyarakat Sumbar,” harapnya.

Ia menceritakan, tujuan membuat aplikasi AJO adalah karena ingin ikut berkontribusi sebagai generasi muda Sumbar untuk menciptakan sesuatu yang bisa dibanggakan tidak hanya untuk keluarga, tapi juga untuk Sumbar itu sendiri. Karena itu, dia berharap aplikasi AJO ini bisa diterima oleh masyarakat Sumbar khususnya Kota Padang dan bisa menjadi raja di daerahnya sendiri bahkan nantinya di Indonesia.

Sementara itu, Perwakilan Direksi Bank Nagari, Rahmadil Roni mengatakan Bank Nagari mendukung aplikasi AJO karena AJO sejalan dengan visi dan misi Bank Nagari untuk berkontribusi langsung terhadap masyarakat Sumbar. “Masyarakat Sumbar taunya banknya Sumbar itu Bank Nagari, kami pun ingin transportasi angkutan online yang dikenal oleh masyarakat Sumbar itu adalah AJO, aplikasi anak nagari ini,” katanya.

Adapun bentuk dukungan Bank Nagari terhadap aplikasi AJO ini yakni Bank Nagari memberikan bantuan berupa atribut mitra AJO sebanyak 200 paket Jaket dan helm. “Mudah-mudahan dengan bantuan ini, AJO bisa bersaing dan menjadi transportasi online pilihan masyarakat Sumbar,” tuturnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Dian Fakri sangat mengapresiasi hadirnya transportasi online karya anak nagari ini. Ia mengatakan, Pemko Padang sangat mendukung semua produk maupun kreatifitas generasi muda Kota Padang. “Ini sebuah karya yang patut dibanggakan. Dengan adanya AJO ini, diharapkan bisa menjadi alternatif baru masyarakat untuk berpergian ke tujuan mereka masing-masing,” jelasnya.


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4882-soft-launching-aplikasi-ajo-di-kota-padang-siap-bersaing-dengan-ojek-online.html