Tanggal 1 Oktober 1945 di Tetapkan Sebagai Hari Jadi Sumatera Barat

Rabu, 24 Juli 2019 09:55 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Melalui Sidang Paripurna yang dilaksanakan Senin (22/7) DPRD SUMBAR menetapkan 1 Oktober 1945 menjadi Hari Jadi Sumatera Barat.Hal tersebut ditetapkan pada sidang paripurna yang digelar di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Sumbar. "Setelah mlalui pembahasan yang panjang, akhirnya ditetapkan 1 Oktober 1945 sebagai hari jadi Sumbar," kata Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim.

Tanggal 1 Oktober 1945 diambil sebagai hari jadi karena bertepatan dengan dibentuknya Keresidenan Sumatera Barat oleh pemerintahan dari tangan kolonial Jepang.Pembentukan keresidenan ini dilakukan oleh pejuang-pejuang nasional asal Sumatera Barat seperti M Syafei, M Djamil, Rasuna Said dan lain-lain.

Pada kesempatan yang sama, pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar Alwis yang turut hadir dalam pembahasan rapat paripurna bersyukur akhirnya Hari Jadi Sumbar telah ditetapkan oleh DPRD. Alwis menilai penetapan ini telah sesuai dengan esensi yang paling pas yakni sesuai dengan nilai sejarah, administrasi dan perjuangan anak-anak bangsa.

Dengan begitu saat ini Sumatera Barat berusia 73 tahun. Penetapan ini diharapkan meningkatkan rasa kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4881-tanggal-1-oktober-1945-di-tetapkan-sebagai-hari-jadi-sumatera-barat.html