Mentawai Targetkan Jadi Pemasok Daging Sapi Nomor Satu

Sabtu, 29 Juni 2019 13:48 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Untuk pertama kalinya Kabupaten Kepulauan Mentawai, mengikuti Kontes Ternak Livestock Expo 2019, yang diadakan Dinas Peternakan Provinsi Sumatra Barat mulai 26 hingga 28 Juni kemarin.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake yang hadir langsung pada acara penutupan menyampaikan apresiasinya pada event yang mengusung tema "Melalui Livestock Expo 2019, Kita Tingkatkan Pemberdayaan Peternak sebagai Mitra dalam Pembangunan Peternakan" ini.

“Ini perdana kami mengikuti Kontes Ternak dan Livestock Expo, semoga Kabupaten Kepulauan Mentawai terus berpartisipasi pada tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk membangun dan mengembangkan sektor perternakan di Kabupaten Kepulauan Mentawai. “Meskipun belum banyak masyarakat yang berminat, kami dari Pemkab terus berupaya seoptimalkan mungkin, khususnya pada peternakan sapi dan kambing,” ujarnya.

Dikatakan bahwa masyarakat daerah Kepulauan Mentawai pada umumnya bergerak di sektor pertanian, namun demikian Kortanius meyakini Mentawai mempunyai potensi yang cukup besar di sektor peternakan.

Menurut dia, banyak hal penting yang dapat dipelajari masyarakat Mentawai melalui kegiatan ini, khususnya untuk terus mengembangkan produksi perternakan melalui metode organik, dan tidak terus bergantung pada bahan-bahan kimia.

“Kami ingin belajar dan meminta dukungan kepada pemerintah terutama bantuan bibit, kemudian melalui pelatihan-pelatihan petani/peternak, dan kami juga berharap pihak perbankan juga memberi kemudahan memperoleh pinjaman untuk mengembangkan hasil-hasil pertanian maupun perternakan,” ucap Kortanius.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kini sudah banyak program-program pemerintah untuk memajukan Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi produsen disektor pertanian dan peternakan melalui pemberdayaan kelompok-kelompok peternakan.

Terakhir Kortanius mengatakan, dengan mengikuti kegiatan ini, pihaknya semakin optimis Kabupaten Kepulauan Mentawai akan menjadi daerah pemasok daging sapi organik nomor satu di Sumatra Barat.

(Sumber: prokabar.com)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4871-mentawai-targetkan-jadi-pemasok-daging-sapi-nomor-satu.html