Para Pelaku UMKM Dapat Bantuan Dari Baznas Pasaman

Senin, 24 Juni 2019 10:35 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Sebanyak 1700 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendapat uluran tangan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman. Seluruh UMKM ini dirangkul Baznas selama tiga tahun terakhir.

Ketua Baznas Pasaman, Syafrizal mengatakan, bantuan yang diberikan Baznas Pasaman berupa bantuan modal usaha bagi pelaku UMKM yang kurang mampu. Jumlahnya berkisar Rp600 ribu sampai Rp5 Juta.

“Sejak tahun 2016 lalu sampai tahun 2018 kemaren ada sekitar 1.200 pelaku UMKM yang kita bantu dari Baznas berupa modal usaha. Kemudian tahun ini ada sekitar 500 orang, jadi diperkirakan sekitar 1.700 orang jumlahnya yang tersebar diseluruh Kecamatan se Pasaman,”kata Syafrizal, Minggu (23/6).

Sementara untuk pelaku UMKM yang produktif kata Syafrizal, mendapat bantuan modal usaha yang berkisar dari Rp5 juta sampai Rp20 juta per orangnya.

“Salah satu tujuan zakat itu adalah merubah mustahik menjadi muzakki. Jadi inilah yang kita sebut program sejahtera. Kemudian perlu dipahami bahwa penyaluran zakat itu ada dua macam yaitu zakat konsumtif dan produktif. Jadi bantuan modal usaha ini untuk pelaku usaha yang produktif,”kata Syafrizal.

Dengan program itu ia berharap nantinya angka penganguran dan kemiskinan semakin hari semakin berkurang didaerah tersebut..

Selain itu, ada lima program unggulan Baznas yang terealisasi sejak tahun 2017 lalu. Mulaidari program Pasaman sejahtera dengan memberikan bantuan kepada fakir atau jompo, bantuan keluarga miskin dan bantuan modal usaha. Kedua, program Pasaman sehat melalui bantuan berobat, Pasaman cerdas berupa beasiswa, Pasaman peduli meliputi bantuan bedah rumah, korban bencana dan bantuan untuk musafir. Kemudian yang terakhir , Pasaman Imtaq bantuan untuk musafir dan mualaf.

(Sumber: prokabar.com)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4827-para-pelaku-umkm-dapat-bantuan-dari-baznas-pasaman.html