Facebook Kenalkan Mata Uang Digital

Rabu, 19 Juni 2019 10:54 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Perusahaan pengembang platform media sosial, Facebook resmi mengumumkan mata uang digital bernama Libra. Facebook memastikan, data pengguna media sosialnya termasuk terkait keuangan, aman. Sebab, Facebook sudah membentuk asosiasi yang akan memantau perkembangan mata uang digital tersebut.

Asosiasi itu bernama Libra Association, yang beranggotakan modal ventura, organisasi nirlaba, perusahaan cryptocurrency, keuangan, serta penyedia layanan teknologi dan telekomunikasi.

Facebook juga membentuk unit bisnis baru yang menyediakan layanan dompet digital, bernama Calibra. Pemimpin Divisi Facebook Calibra David Marcus menyampaikan, data pengguna Calibra tidak akan digunakan untuk menggaet iklan. “Untuk mendapat kepercayaan masyarakat, kami harus membuat komitmen kuat pada privasi," kata dia dikutip dari CNBC Internasional, kemarin (18/6).

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini ingin membangun kembali kepercayaan pengguna, setelah skandal keamanan Cambridge Analytica pada tahun lalu. “Jika orang tidak mempercayai kami, mereka dapat menggunakan dompet (digital) lain yang akan tersedia," kata dia. Libra dikelola menggunakan blockchain, sebagaimana mata uang digital lainnya seperti bitcoin.

Tingkat keamanan teknologi ini dinilai tinggi. Sebab, peretas harus meretas seluruh akun pengguna untuk bisa membobol teknologi ini. Rencananya, Libra akan dirilis pada 2020. Meski dikelola seperti bitcoin, Libra tak didesain sebagai aset spekulasi. “Jika Anda membeli US$ 50 Libra, maka US$ 50 Anda akan sampai ke Libra Reserve. Libra dirancang untuk (bergerak) stabil,” kata Marcus.

Facebook mendesain Libra untuk transaksi sehari-hari. Pengguna pun bisa berkirim Libra melalui Calibra. Pengguna bisa mengunduh Calibra di Google Play Store dan App Store. Dompet digital ini juga akan terintegrasi dengan aplikasi percakapan seperti Messenger dan WhatsApp. Untuk bisa menjalankan skema ini, Facebook bekerja sama dengan perusahaan keuangan yakni Visa, Stripe dan PayPal. Beberapa perusahaan teknologi juga ikut bergabung seperti eBay, Lyft, Uber, Spotify, dan Amerika Latin Mercado Pago.

Selain itu, dua perusahaan telekomunikasi asal Eropa Iliad dan Vodafone juga terlibat. Turut bergabung juga perusahaan modal ventura seperti Andreessen Horowitz, Breakthrough Initiatives, Ribbit Capital, Thrive Capital, dan Union Square Ventures. Adapun organisasi nirlaba dan akademis yang bergabung dalam Libra Association di antaranya Lab Kehancuran Kreatif, Kiva, Mercy Corps, dan Womens World Banking. Empat perusahaan di bidang blockchain juga terlibat, yakni Anchorage, Bison Trails, Coinbase dan Xapo Holdings.

(Sumber: katadata.co.id)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4809-facebook-kenalkan-mata-uang-digital.html