Kominfo Blokir Konten Promosi Rokok di Media Sosial

Jumat, 14 Juni 2019 11:47 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan pemblokiran iklan rokok di internet yang menampilkan wujud rokok. Pemblokiran ini untuk menindaklanjuti permintaan dari Kementerian Kesehatan. Plt Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu menjelaskan, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menerima surat dari Menteri Kesehatan Nila Moeloek pada Kamis (13/6) siang.

Surat bernomor TM.04.01/Menkes/314/2019 tersebut berisi tentang permintaan pemblokiran iklan rokok di Internet. “Segera setelah menerima surat dimaksud, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara lansung memberikan arahan kepada Ditjen Aplikasi Informatika untuk melakukan crawling atau pengaisan terhadap konten iklan rokok di internet,” kata dia melalui siaran pers yang dirilis Kamis (13/6) malam.

Pengaisan dilakukan oleh Tim AIS. Tim ini memang bertugas mengidentifikasi konten di media sosial yang melanggar aturan. Tim menemukan 114 konten di Facebook, Instagram, dan Youtube yang memperagakan wujud rokok. Promosi rokok yang memperagakan wujud rokok dilarang di Indonesia.

Ini sesuai dengan UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan Pasal 46 ayat 3 butir c. "Saat ini Tim AIS Kominfo sedang melakukan proses take down atas akun/konten pada platform-platform di atas," kata dia.

Menteri Komunikasi dan Informatika dilaporkan sudah menghubungi Menteri Kesehatan selaku regulator kesehatan untuk menggelar rapat koordinasi teknis secepatnya. Rapat tersebut untuk membahas kemungkinan pelanggaran atas pasal-pasal lainnya.


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4790-kominfo-blokir-konten-promosi-rokok-di-media-sosial.html