UMKM Berpeluang Selamatkan Indonesia dari Jebakan Kelas Menengah

Selasa, 28 Mei 2019 05:11 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menilai Indonesia dapat keluar dari jebakan kelas menengah dengan pertumbuhan ekonomi yang saat ini masih stagnan di kisaran 5%. Wakil KEIN Arif Budimanta mengatakan, salah satu strateginya dengan mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk naik kelas.

"Sebab pada 2017 lalu, 98,7% usaha di Indonesia merupakan usaha mikro yang menyerap 89,17% tenaga kerja domestik," kata Arif dalam media gathering di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (27/5).

Hanya, UMKM baru berkontribusi sebesar 36,82% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Dengan peran UMKM yang sangat kecil dalam kegiatan ekspor dan investasi, sektor ini memiliki potensi pertumbuhan besar.

Berdasarkan simulasi yang dilakukan KEIN, jika saja 10% UMKM naik kelas, pertumbuhan ekonomi diperkiran dapat mencapai 7% bahkan hingga 9,3% secara tahunan. Namun, hal ini juga harus diikuti dengan kebijakan yang matang pada sektor UMKM. Arif mengatakan, peningkatkan peran UMKM dalam aktivitas ekspor dan investasi wajib dilakukan, dengan dukungan insentif fiskal maupun moneter.

Selain itu, investasi juga dapat diarahkan kepada UMKM, terutama yang berorientasi ekspor. UMKM juga diharapkan bisa didorong agar bisa memproduksi barang substitusi impor yang selama ini memberatkan neraca dagang. Jika UMKM bisa didorong naik kelas, Indonesia diharapkan bisa memiliki pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

(Sumber: katadata.co.id)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4772-umkm-berpeluang-selamatkan-indonesia-dari-jebakan-kelas-menengah.html