Akhirnya Harga Bawang Putih di Pasar Raya Turun

Senin, 13 Mei 2019 09:54 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Harga bawang putih di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengalami penurunan dari harga sebelumnya yang sempat menembus angka Rp90 ribu per kilogram.

"Harga bawang putih yang sebelumnya Rp90 per kilogram, kini turun menjadi Rp38 ribu-Rp40 ribu per kilogram," kata pedagang Tinton Burhan, di Padang, Senin.

Untuk bawang putih tanpa kulit saat ini dijual pedagang berkisar Rp44 ribu per Kilogram.

Ia mengatakan penurunan tersebut dipengaruhi oleh operasi pasar yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat.

"Penurunan sudah terjadi sejak Jumat (10/5), ketika ada operasi pasar dan bawang putih dipasok untuk pedagang," katanya.

Kenaikan harga bawang putih sudah terjadi sejak seminggu sebelum Ramadhan dengan harga Rp90 per kilogram, dan harga Rp100 ribu per Kilogram untuk bawang putih tanpa kulit.

Kenaikan itu membuat pembeli mengeluh karena kenaikan harga yang begitu "drastis", sedangkan pada normalnya harga bawang putih hanya berkisar Rp24 ribu per kilogram.

"Tentu saja penurunan harga bawang putih saat ini meringankan kami, karena harga sebelumnya begitu tinggi dan jauh dari harga normal," kata salah seirang warga Yanti (43).

Ia berharap pihak terkait bisa mengupayakan agar harga bawang putih tidak naik lagi, termasuk untuk komoditas yang lain.

"Kalau bisa jangan ada harga yang naik lagi, apalagi masa-masa sebelum Lebaran," katanya.

Pantauan di lapangan, penurunan harga juga terjadi pada cabai merah yang sebelumnya Rp32 ribu per kilogram, kini Rp28 ribu per kilogram.

(Sumber: sumbar.antaranews.com)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4702-akhirnya-harga-bawang-putih-di-pasar-raya-turun-.html