Ketika Wawancara Kerja, Kapan Waktu Terbaik Membahas soal Gaji?

Sabtu, 20 April 2019 15:32 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Saat wawancara pekerjaan, berbagai hal terkait Anda termasuk soal gaji tentu dibahas. Nah sebenarnya kapan waktu yang pas Anda harus mengemukakan kata gaji itu?Josh Doody, penulis buku Fearless Salary Negotiation, menyarankan Anda untuk menunggunya sampai waktu yang tepat.

"Tunggu selama mungkin untuk berbicara tentang gaji," kata Doody.

Menurut dia, jika Anda langsung meminta nominal tertentu terlebih dahulu, hal ini justru berisiko membatasi nilai tawaran yang mungkin akan disampaikan pihak perusahaan.

Sebagai kandidat, Anda tidak memiliki posisi tawar. Anda belum memiliki kesempatan untuk memamerkan keterampilan, ide, dan bagaimana Anda akan menjadi aset bagi perusahaan. Semakin jauh Anda berhasil melewati proses tanpa memberikan harapan gaji, semakin banyak uang yang mungkin diperoleh.

"Semua yang Anda katakan dalam proses wawancara dapat membantu atau menyakiti Anda," kata Katie Donovan, pendiri Equal Pay Negotiations.

Dia menyebutkan, posisi tawar Anda akan menjadi lebih kuat setelah mereka menyukai Anda. Dan Anda pun membuktikan bahwa Anda adalah kandidat terbaik.

"Sekaranglah saatnya untuk mencoba dan mendapatkan segala yang kamu bisa untuk pekerjaan itu. Tetapi tidak sesaat sebelumnya," sebutnya.

Dia bahkan menyarankan bahwa pada lamaran kerja mengharuskan Anda mencantumkan ekspektasi gaji, lebih baik tulis nol.

Tetapi menghindari pembahasan soal gaji memang tidak selalu mudah. Perekrut dan manajer perekrutan dilatih untuk mendapatkan informasi hal ini dari Anda.

Jika pertanyaan diajukan pada awal proses, Donovan merekomendasikan untuk mengatakan bahwa Anda belum cukup tahu tentang pekerjaan itu.

"Ada banyak tekanan (untuk memberi angka) dan kebanyakan orang mematuhi karena mereka ingin pergi ke proses wawancara," kata Doody.

"Itu bisa menjadi kesalahan yang sangat mahal," lanjutnya.

Dia menyarankan pengalihan dengan mengatakan Anda tidak nyaman memberikan angka dan lebih suka fokus pada nilai yang akan Anda tambahkan dan bagaimana Anda ingin ini menjadi langkah besar bagi Anda dalam hal tanggung jawab dan kompensasi.

Masalahnya kata dia, Anda berada pada posisi yang kurang menguntungkan ketika bicara gaji. Mungkin Anda tahu rentang gaji untuk posisi tersebut. Tetapi perusahaan tentu memiliki lebih banyak sumber daya mengenai hal itu.

"Tidak akan ada tawaran posisi pekerjaan yang anggarannya belum disiapkan. Bukan tugas Anda untuk menjelaskan kepada mereka bagaimana bayaran atas posisi itu," sebutnya.

Namun jika Anda memang ingin mengenai besaran gaji, Linda Babcock, seorang Profesor Ekonomi dari Carnegie Mellon University, menyebutkan, Anda bisa bertanya terlebih dahulu mengenai range gaji untuk posisi tersebut. Tetapi bersiaplah untuk ditanya kembali oleh pihak perusahaan mengenai berapa gaji yang Anda inginkan.

"Dan Anda berkewajiban untuk menjawabnya, karena Anda yang pertama kali menanyakan hal itu," ucap dia.


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4612-ketika-wawancara-kerja-kapan-waktu-terbaik-membahas-soal-gaji.html