Pasaman Barat Targetkan Produksi 110.000 Ton Ikan Pada 2019

Senin, 15 April 2019 11:22 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan produksi ikan sekitar 110.000 ton selama 2019.

"Target produksi ikan kita naikkan untuk 2019. Pada 2018 produksi ikan di Pasaman Barat 109.000 ton," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Pasaman Barat, Zulfi Agus di Simpang Empat, Sabtu.

Menurutnya salah satu upaya menaikkan produksi ikan diantaranya adalah dengan adanya penambahan kapal 30 Gross Tonage (GT) sebanyak enam unit kapal.

Kemudian bantuan alat tangkap baik dari kabupaten, provinsi dan dari kementrian. Selain meningkatkan kualitas sumber daya manusia para nelayan yang ada melalui sosialisasi dan bimbingan teknis.

"Kita optimis target produksi tahun ini bisa tercapai. Sebab, rata-rata waktu normal sekali melaut nelayan memperoleh 10 hingga 20 ton ikan," ujarnya.

Ia mengemukakan untuk produksi perikanan tangkap yang dihasilkan mayoritas ikan tongkol, tenggiri, kakap merah, kembung, selar, teri, kerapu, layur, bawal, kwe, cakalang, udang putih, kepiting dan rajungan.

"Secara kualitas tidak kalah bersaing dengan daerah penghasil ikan lainnya di Indonesia," tambahnya.

Menurutnya ikan yang dihasilkan nelayan di Pasaman Barat selain dipasarkan di Sumbar juga di provinsi lainnya bahkan ada yang sampai ke luar negeri seperti ikan kerapu.

"Kita terus memberikan bantuan peralatan baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Selain itu juga pelatihan peningkatan sumber daya manusia nelayan yang ada," sebutnya.

Pihaknya juga mengharapkan adanya investor menanamkan modalnya untuk membangun pabrik es di Pasaman Barat.

Sebab, hingga saat ini nelayan Pasaman Barat masih kekurangan es untuk pendingun ikan.


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4585-pasaman-barat-targetkan-produksi-110000-ton-ikan-pada-2019.html