Tanpa Kemitraan, UMKM Sulit Berkembang

Selasa, 05 Maret 2019 09:29 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Kunci keberhasilan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam persaingan baik di pasar domestik maupun pasar global adalah membangun kemitraan dengan perusahaan - perusahaan besar. Tanpa melibatkan partisipasi usaha - usaha besar, UMKM dianggap sulit berkembang. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, Yunisman mewakili Wali
Kota Padang membuka kegiatan Inventarisasi dan Fasilitasi Pemasaran Produk UMKM di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumatera Barat, Ujung Gurun, Selasa (26/2/2019).

"Kemitraan UMKM dengan usaha besar adalah salah satu solusi mengatasi kesenjangan pengusaha besar dengan pengusaha kecil. Dengan kemitraan UMKM dapat melakukan ekspor melalui perusahaan besar yang sudah menjadi eksportir," kata Yunisman.

Menurutnya, keberhasilan kemitraan usaha juga sangat ditentukan oleh adanya kepatuhan dalam bermitra dan menjalankan etika bisnis. "Harus ada komitmen yang kuat diantara yang bermitra," katanya.

Adapun kegiatan ini diikuti 50 peserta yang terdiri dari para pelaku usaha binaan Dinas Koperasi dan UMKM se-Kota Padang. Dalam kesempatan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Perdagangan dan koordinator tim pendamping UMKM dan pelaku usaha.(humas).


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4466-tanpa-kemitraan-umkm-sulit-berkembang.html