Hadapi Revolusi 4.0, Pengusaha Masih Hadapi Sejumlah Tantangan

Rabu, 27 Februari 2019 20:04 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Pemerintah tengah gencar mempersiapkan langkah dalam menghadapi industri 4.0. Namun menurut studi sebuah konsultan, masih ada sejumlah tantangan dalam menyongsong era industri 4.0 pada pengusaha.

"Pengusaha tahu industri 4.0, namun tidak tahu langkah konkrit yang harus dilakukan untuk hadapi ini," kata Partner and Managing Director Boston Consulting Group Yulius dalam Kadin Entrepeneurship Forum di Jakarta, Rabu (27/2).
Selain tantangan tersebut, ia juga menilai ada masalah lain dalam menghadapi industri 4.0 seperti fragmentasi pasar yang hanya fokus pada kota besar. Kemudian, dampak dari perang dagang serta pengetatan pasar global juga akan menjadi tantangan dalam menghadapi perubahan industri ini.

Di sisi lain, digitalisasi yang berkembang cepat juga memerlukan adaptasi yang baik bagi pengusaha, seperti kehadiran unicorn hingga perubahan digital pada sektor manufaktur. Berikutnya, ketersediaan talent management juga perlu dipastikan guna menghadapi peluang lapangan kerja yang baru.


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4453-hadapi-revolusi-40-pengusaha-masih-hadapi-sejumlah-tantangan.html