Baru Di Dunia Bisnis Online? Jangan Kudet Dan Kenali Istilah Ini

Selasa, 12 Februari 2019 13:12 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Pernah mendengar istilah online shop? Ya, belakangan ini online shop sudah menjadi favorit banyak orang dalam masalah jual beli barang, karena selain mudah dan simple, online shop juga dinilai lebih efisien dalam membantu banyak orang dalam mencari barang yang diinginkan.

Anda hanya perlu membuka internet di rumah, bisa melalui HP ataupun komputer, kemudian mencari barang yang ingin dibeli, kemudian Anda tinggal transfer uang sesuai dengan nominal yang akan dibeli, tunggu beberapa hari, maka barang pesanan Anda akan sampai ke rumah, begitulah cara kerja online shop. Situs yang menawarkan jual beli barang sendiri untuk saat ini sudah cukup banyak, sebut saja seperti tokopedia, bukalapak, lazada, olx, dan lain lain.

Namun dalam online shop atau bisnis online, ada banyak istilah yang mungkin jarang Anda dengar sebelumnya. Hal tersebut yang biasanya membuat banyak orang awam yang bingung mengenai bahasa yang seringkali digunakan oleh para penjual online. Bagi Anda yang masih awam dalam melakukan transaksi online terkadang masih belum mengerti mengenai istilah – istilah yang sering digunakan di dunia online ini.

Berikut adalah daftar istilah yang sering digunakan di dunia internet dalam melakukan transaksi jual beli ataupun bisnis. Berikut ini uraiannya:

1. Buyer
buyer
Istilah buyer dipakai dalam bahasa online shop yang artinya pembeli atau orang yang akan membeli suatu barang.

2. Seller
Sedangkan Seller sendiri merupakan kebalikan dari Buyer, yang artinya penjual. Seller adalah pemilik online shop atau orang yang menjual barang kepada Buyer.

3. COD (Cash On Delivery)
Istilah COD juga seirng sekali digunakan oleh orang-orang yang melakukan transaksi secara online. COD atau Cash On Delivery adalah cara pembelian dimana penjual dan pembeli akan janjian bertemu di suatu tempat untuk cek barang, ataupun pembayaran. Jadi dengan ini pembeli dapat mengecek kondisi barang secara detail, sehingga resiko penipuan akan menjadi sedikit.

4. Resi
Jika Anda melakukan transaksi jual beli secara online, maka Anda tidak akan asing mendengar kata resi. Resi merupakan bukti pembayaran secara tertulis ketika seseorang akan mengirimkan barang. Nah, jika Anda telah membeli suatu barang, maka jangan lupa untuk menagih resi kepada si penjual atau seller

5. Booked / Booking

Booked adalah suatu kondisi dimana suatu barang sudah dipesan oleh seseorang, sehingga si penjual akan mengatakan bahwa barang sudah di book orang lain. Sedangkan booking sendiri adalah dimana Anda akan memesan barang si penjual. Biasanya untuk melakukan booking sendiri membutuhkan DP atau uang jaminan.
Online Shopper Pemula, Jangan Malu untuk Bertanya
Tren bisnis online yang makin booming, mau tidak mau akan membawa Anda ke sistem transaksi baru berbasis teknologi. Bagi Anda yang masih baru, baik sebagai pembeli maupun memulai bisnis ini, jangan malu untuk bertanya dan mencoba. Pastikan Anda mencari informasi lebih dalam mengenai reputasi partner Anda dalam berbisnis online sehingga Anda terhindar dari penipuan online. Ulasan istilah dalam transaksi online diatas bisa membantu Anda mengenal lebih jauh tentang model bisnis ini.


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4411-baru-di-dunia-bisnis-online-jangan-kudet-dan-kenali-istilah-ini.html