Kopi Sanger Batigo, Idola Penikmat Kopi Gayo di Kota Padang

Minggu, 27 Januari 2019 21:36 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) -
Kopi Gayo, varietas kopi arabika yang merupakan salah satu komoditi unggulan dari Dataran Tinggi Gayo, Sumatera, Indonesia. Kopi ini telah mendapat Fair Trade Certified dari Organisasi International Fair Trade tahun 2010 dan sertifikan IG (Indikasi Geografis) yang diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Indonesia. Sertifikasi dan Prestasi mengukuhkan posisi kopi gayo sebagai kopi organik terbaik dunia.
Gaya hidup warung kopi memang sudah sejak lama menjadi bagian keseharian di Dataran Tinggi Gayo dan Aceh. Pesanan kopi yang biasa dipesan salah satu nya yang paling menarik dan unik adalah Kopi Sanger. Kopi Sanger kalau diterjemahkan sebenarnya adalah latte, dengan kopi sedikit, susu sedikit, gula namun aroma kopinya masih terasa. Kopi Sanger dulu sangat diminati oleh terutama Mahasiswa karena harganya yang sangat terjangkau yang dijuluki sebagai Latte-nya Robusta. Kopi ini lahir dari para Mahasiswa sekitar tahun 1997-1998an dan selanjutnya menjadi ciri khas kopinya Aceh.
Penyebaran warung kopi yang menyajikan kopi gayo tersebar diseluruh Indonesia termasuk di Kota Padang. Salah satu warung kopi yang menyajikan kopi gayo asli adalah Kupi Batigo yang bertempat di Komplek GOR H. Agus Salim. Kopi yang menjadi favorit selain kopi susu adalah kopi sanger, dikarenakan harganya yang terjangkau dan rasanya yang berkelas.
"Tidak terlalu pahit dan juga tidak terlalu manis, rasanya seperti latte dan cocok di lidah bagi pecinta kopi atau yang tidak sekalipun" Ujar Ridho, salah satu penikmat kopi di Kupi Batigo. Penjualan jenis produk kopi yang paling banyak dipesan di Kupi Batigo pun adalah kopi sanger, hampir setiap hari ada setidaknya minimal 10 pesanan untuk kopi sanger.
"Saat ini, kopi sanger adalah best seller paling atas dari semua penjualan produk kopi di kupi batigo yang mengalahkan batigo kopi susu", ujar Anggi, Leader di Kupi Batigo. Kopi Sanger sejatinya memang dianggap kopi yang wajib dicicipi saat nongkrong bersama teman-teman karena berdasarkan sejarahnya pun, memang menjadi favorit mahasiswa yang notabene adalah yang menyuka nongkrong bareng-bareng menghabiskan malam dan liburannya.


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4386-kopi-sanger-batigo-idola-penikmat-kopi-gayo-di-kota-padang.html