Mengenal Digital Marketing untuk Tingkatkan Omset bagi UMKM

Selasa, 22 Januari 2019 15:42 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) -
Digital Marketing atau Pemasaran secara digital bisa didefinisikan sebagai semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam taktik marketing dan media digital dimana Anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online. Ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran Anda, seperti Website, Blog, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, dsb). Dari beberapa akses itulah mereka akan berkomunikasi kepada Anda.


Digital marketing sejatinya merupakan aktivitas promosi baik itu untuk sebuah brand ataupun produk menggunakan media elektronik (digital). Puluhan tahun silam, media digital marketing sangatlah terbatas, sebutlah televisi atau radio yang hanya dapat menyampaikan informasi secara satu arah.

Dewasa ini, dengan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat serta penerimaan yang cukup luas dari hampir semua lapisan masyarakat, tak ayal membuat model pemasaran digital adalah salah satu channel utama. Di dunia digital marketing Anda bisa membuat agar calon customer tertarik pada penawaran Anda. Anda bisa membuat iklan, email marketing, brosur online, dan banyak lagi.

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing:

  • SEO – Search Engine Optimization
  • Periklanan online – FB ads, Adwords, dll.
  • Promosi Media Cetak
  • Iklan televisi & radio
  • Billboard elektronik (video tron)
  • Email marketing
  • Mobile Marketing
  • dan lain-lain
Strategi Digital Marketing yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha yang tergolong dalan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat dilakukan dengan pengelolaan secara digital menggunakan Media Sosial Marketing, Marketplace dan Website.
  • Media Sosial Marketing
Saat ini banyak bermunculan akun-akun yang menunjang bisnis, seperti Facebook, Instagram, Line dan Whatsapp. Semua Medsos tersebut dapat digunakan untuk promosi bisnis anda secara gratis. Tentunya anda harus menggunakan mode akun bisnis untuk dapat promosi lebih luas. Yang perlu diperhatikan dalam media sosial marketing ini adalah berupa pasar yang akan anda jangkau dan foto-foto produk yang dijual. Semakin bagus konten promosi produk yang di posting pada medsos maka tentulah semakin menarik untuk dilihat dan akan menarik perhatian pembeli. Oleh karena itu diperlukannya teknik fotografi produk dan desain promosi yang bagus untuk menambah pembeli dan juga follower akun bisnis anda.
  • Website
Penggunaan website ini sangat perlu untuk teknik SEO, dimana pembeli akan mengetahui produk kita berdasarkan searching di search engine seperti google, dll. Pembuatan websirte saat ini ada yang berbayar dan ada yang tidak. Untuk mendapatkan website dengan hasil dan juga adsense yang bagus, maka sebaiknya menggunakan website yang berbayar. Namun jika terkendala dana, website gratis dapat menjadi solusi, seperti wordpress.com, blogspot.com dan juga Google My Bussiness. Semakin banyak konten berupa artikel ataupun foto yang dimasukkan kedalam website maka semakin tinggi juga rating SEO kita agar dapat dijangkau oleh pelanggan.
  • Marketplace
Marketplace yang ada di indonesia itu bermacam-macam. Seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli dan lain-lain. Marketplace ini menunjang UMKM untuk go online dengan pasar yang lebih luas. Untuk pendaftaran Marketplace sangat mudah, cukup mengunduh aplikasi untuk penjual lalu registrasi dan penuhi syarat-syarat yang diminta saat register. Dengan mendaftarkan bisnis ke marketplace ini, lebih tinggi peluang bisnis anda untuk meningkatkan omsetnya.
Namun, permasalahan saat ini adalah, UMKM yang cukup besar itu kewalahan dalam memproduksi produk akibat permintaan yang banyak, sehingga lupa dengan marketingnya. Solusinya adalah dengan menggunakan jasa Agensi Digital ataupun merekrut digital marketer. Agensi Digital saat ini lebih banyak diminati karena urusannya tidak ribet dan UMKM hanya perlu menerima orderan saja tanpa memikirkan teknik pemasarannya. Selain itu juga tidak perlu merekrut karyawan baru, karena sudah kontrak dengan agensi digital tersebut.


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4377-mengenal-digital-marketing-untuk-tingkatkan-omset-bagi-umkm.html