5 Profesi yang dapat Dilakukan oleh Mahasiswa Tanpa Mengganggu Kuliah

Senin, 14 Januari 2019 21:15 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) -
Menjadi mahasiswa menuntut seseorang untuk lebih berfikir aktif, kreatif dan kritis karena kodrat mahasiswa sejatinya adalah Agent of Change dan diperlukan jiwa mandiri dalam menghadapi kerasnya kehidupan apalagi jika belajar di negeri orang. Tak ayal, banyak mahasiswa yang menjalankan kehidupan nya dengan belajar dan juga bekerja paruh waktu untuk tidak membebani orang tua dalam membantu mencukupi kebutuhannya selama berada di kampus. Namun, pekerjaan paruh waktu tersebut kadang menyita waktu mahasiswa untuk belajar bahkan sampai membolos kuliah.
Bekerja paruh waktu tidaklah salah dilakukan, hanya saja seorang mahasiswa harus pilih-pilih dalam mencari kerja sambilan tersebut agar dapat seimbang antara kewajiban menuntut ilmu dengan uaya dalam mencukupi kebutuhan hidup selama kuliah. Berikut rekomendasi 5 Profesi Kerja Sambilan bagi Mahasiswa tanpa mengganggu kuliah.
1. Desainer Grafis
Profesi yang satu ini biasanya dilakukan bagi mahasiswa yang mempunyai skill dalam menggambar ataupun mengoperasikan aplikasi desain grafis. Desain yang dibuat dapat dijual atau bisa juga membuka jasa desain grafis dengan harga yang terjangkau, mengingat saat sekarang ini promosi visual sangatlah penting bagi pebisnis. Selain itu juga bisa membuat desain khusus untuk hadiah seperti kado ulang tahun, wisuda dan lain-lain yang dikemas secara kreatif sehingga menghasilkan uang. Profesi ini tidaklah menghabiskan waktu banyak, bisa dilakukan dimana saja seperti habis kuliah, saat jam istirahat dan lain-lain sehingga tidak akan mengganggu jadwal kuliah. Tentunya juga harus pandai-pandai dalam membagi waktu.
2. Fotografer
Bagi mahasiswa yang punya kamera ataupun hobi fotografi, sangat disarankan untuk kerja sambilan sebagai fotografer. Biasanya fotografer ini ada saat momen-momen wisuda, dimana si Mahasiswa bisa disewa sebagai fotografer pribadi dari yang Wisuda. Profesi ini butuh skill fotografi dan kamera, waktu yang dihabiskan pun tidak banyak, hanya pada event-event tertentu saja.
3. Videografer/Video Editor
Pekerjaan ini butuh skill kreatifitas dalam editing ataupun take video agar bisa sesuai dengan keinginan pelanggan. Videografer/Editor dibutuhkan bagi pelaku usaha yang membutuhkan promosi audio visual berupa iklan. Namun, profesi ini sangat perlu diperhatikan dalam skala prioritas dan manajemen waktunya karena menghasilkan video yang bagus butuh waktu yang agak lama dan harus diselesaikan sebelum deadline yang diberikan. Tetapi fee yang didapatkan untuk sebuah karya pastinya akan besar.
4. Copywriter (Penulis Berita/Artikel)
Mahasiswa yang hobi menulis, wajib coba profesi sambilan yang satu ini. Tulisan yang dibuat bisa dimuat di surat kabar, media online dan lain-lain. Tentunya si Mahasiswa harus rajin mencari link media apasaja yang butuh copywriter. Profesi ini tidaklah sulit dan hanya butuh skill menulis serta informasi yang selalu update. Setiap tulisan pasti akan diberikan royalti oleh media yang sudah mempublikasinya.
5. Content Creator (Vloger/Youtuber/Selebgram)
Saat ini media digital terutama media sosial telah banyak melahirkan konten kreator dari berbagai daerah di penjuru dunia. Kita mengenal Youtuber, Selebgram dan lain-lain seperti layaknya publik figur yang terkenal. Menjadi Youtuber itu hanya perlu ide unik yang dikemas dalam video dengan editing yang menarik lalu mencari cara agar viewer dan liker banyak apalagi jika bisa masuk trending, maka akan mendapatkan gaji/fee dari youtube berdasarkan adscense. Selebgram saat ini cuma perlu follower yang banyak sehingga olshop dimanapun berada akan mengajak dan membayar untuk endorse produk nya. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu larut dengan ketenaran sehingga melupakan kewajiban dalam menuntut ilmu. Saat ini profesi ini sangat digemari karena penghasilan yang wah dan tidak mengeluarkan uang yang banyak dalam menghasilkan konten.
Hampir semua rekomendasi diatas membutuhkan skill baik dalam kreatifitas ataupun penggunaan aplikasi yang menunjang. Oleh karena itu jika rasanya anda punya skill, baiknya jangan disia-siakan dan jalani profesi sambilan diatas walaupun sedang menuntut ilmu, dan sangat dibutuhkan manajemen waktu yang baik agar setiap profesi sambilan yang dilakukan tidak mengganggu kuliah dan dapat membantu mencukupi kebutuhan selama berada di negeri orang.


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4365-5-profesi-yang-dapat-dilakukan-oleh-mahasiswa-tanpa-mengganggu-kuliah.html