Es Durian Ganti Nan Lamo, Rasa Baru

Sabtu, 29 Desember 2018 15:52 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) -
Durian ibarat tak kenal musim di Sumatera Barat. Saat memang benar-benar musim durian, harganya sangat murah. Dengan uang Rp 10.000, Anda sudah bisa menikmati durian masak sebesar kepala orang. Saat bukan musimnya, durian-durian tetap mudah didapatkan.
Namun, harganya tentu lebih mahal. Kota Padang, Sumatera Barat, pun tak lepas dari serbuan durian. Durian pun diolah menjadi aneka makanan. Salah satunya adalah es durian. Di kawasan pecinan Padang, yaitu daerah Pondok, terdapat warung es durian yang sudah sangat terkenal.
Konon, orang yang tidak gemar durian pun akan jatuh cinta dengan es durian buatan warung tersebut. Karena penasaran, saya pun mampir ke warung es durian yang dimaksud. Es Durian Ganti Nan Lamo, begitulah nama warungnya. Saat masuk ke dalam warung es itu, tengoklah ke bagian dinding.
Beberapa foto artis yang pernah bertandang dipajang di sana. Namun, yang paling menarik adalah foto-foto zaman dulu bernuansa hitam putih. Salah satunya adalah foto Incek Sinyo, pendiri dan pembuat resep es durian yang sangat tenar di Kota Padang itu. Ia memulai usahanya pada tahun 1960. Resep itu diwariskan secara turun-temurun. Jangan bayangkan durian utuh dengan batunya lalu dicampur dengan es. Mangkuk bakso akan menjadi wadah es durian. Durian diblender dan diolah menjadi seperti pasta durian.
Teksturnya yang lembut terasa licin di lidah. Aroma durian yang kuat dan rasanya yang legit membuat orang yang mencicipinya akan ketagihan. Ada beberapa menu es durian yang bisa Anda coba. Namun, pertama-tama, cicipi dulu Es Durian Tok atau es durian polos tanpa isian. Durian yang telah diolah menjadi seperti saus dituang di atas es serut lalu disiram dengan susu kental manis rasa cokelat. Cita rasa durian benar-benar menjadi dominan karena tanpa isian lainnya.
Sementara itu, Es Durian Campur sama seperti es durian polos, tetapi diberi tambahan cincau dan mutiara dari sagu. Anda juga bisa mencoba es krim durian. Kalau yang ini durian yang benar-benar diolah menjadi es krim. Namun, juaranya tentu saja es durian polos. Dinginnya es sangat apik berpadu dengan rasa durian yang kuat.


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4339-es-durian-ganti-nan-lamo-rasa-baru.html