4 Faktor Penyebab Perbedaan Kurs pada Setiap Negara

Kamis, 25 Oktober 2018 15:26 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) -
Setiap Negara yang ada di dunia ini pasti memiliki sebuah alat pembayaran yang dinamakan uang, untuk definisi uang itu sendiri sebenarnyabanyak sekali yang berpendapat namun yang pasti fungsi utama dari uang adalah sebuah alat pembayaran yang sah yang telah disetujui oleh pemerintah darinegaranya masing-masing.

Nilai dari mata uang itu sendiri pada setiap Negara berbeda-beda hal ini juga di akibatkan oleh nilai tukar uang tersebut terhadap mata uang lain atau mata uang asing, salah satu contohnya adalah rupiah ketika berbanding dengan dollar, nilai dari satu dolar ($1/USD 1) itubernilai sama dengan 13.565 (per 10 oktober 2017) itu artinya ketika kita ingin mempunyai atau membeli sebuah mata uang dollar untuk nominal 1 dollar maka kitaharus membayar 13.565 rupiah untuk satu dollar.

Begitu juga dengan mata uang lainnya selainrupiah yang apabila berbanding dengan dollar maka nilainya pun berbeda, tidak hanya berbanding dengan dollar saja tingkat nilai pada setiap mata uang dari setiap Negara juga memiliki perbedaan dalam segi nilai tukar atau nilai jualdan beli mata uang masing-masing Negara, contoh kecilnya yaitu adalah rupiah berbanding dengan dollar, rupiah berbanding dengan real, real dengan dollar,real dengan yuan dan sebagainya.

Tingkat perbedaan nilai jual atau nilai beli suatu mata uang ini di sebut dengan kurs. Perbedaan kurs pada setiap Negara berubah pada setiap harinya adakalanya naik dan adakalanya juga turun, padasaat naik maka nilai jual dari sebuah mata uang tersebut menjadi mahal, namunpada saat turun maka nilai tukar dari mata uang pun turun atau lemah. Pada umumnya tingkat kenaikan dan penurunan sebuah mata uang ini berpatokan pada mata uang dollar.

Proses naik turunnya kurs juga bisa disebabkan oleh tingkat ekonomi pada suatu Negara dan juga keadaan perekonomian di Amerika yang memakai mata uang dollar. Misalnya saja mata uang Negara Indonesia yaitu rupiah, ketika kondisi perekonomian di amerika sedang mengalami gangguan atau sedang melemah maka bisa jadi kurs rupiah terhadap dollar menguat.

Namun ketika kondisi perekonomian amerika ada diposisi stabil sedangkan di Indonesia mengalami penurunan maka nilai kurs dari rupiah terhadap dollar akan melemah dan apabila kita menukar rupiah ke dollarmaka kita harus membayarnya dengan harga tinggi atau mahal, sedangkan ketikanilai dari rupiah naik maka ketika akan menukarnya dengan dollar makan kitabisa membayarnya dengan lebih murah.

Tingkat kurs ini juga sering dipakai oleh para pebisnis atau investor sebagai bahan pertimbangan ketika akan berinvestasi disalah satu Negara. Karena ketika suatu Negara sedang mengalami masalah ekonomi atau situasi politik yang tidak stabil maka tingkat resiko pun akanlebih besar dan berpotensi mengalami kebangkrutan.

Berikut Update Kurs Dollar Hari ini:



Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4278-4faktor-penyebab-perbedaan-kurs-pada-setiap-negara.html