Selain Pantai, Pasir Jambak juga Punya Wisata Edukasi

Sabtu, 20 Oktober 2018 10:27 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) -
Pantai Pasir Jambak, merupakan salah satu pantai yang dijadikan destinasi wisata di Kota Padang. Selain Pantai yang bersih, juga terdapat pemandangan laut yang indah dan pantai yang panjang membentang.

Dewasa ini wisata tak hanya untuk menikmati keindahan saja, namun jugaterdapat nilai-nilai pendidikan. Wisata edukasi ini hadir di Pasir Jambak yaitu Sea Turtle Camp Conservation. Ide ini digagas oleh Yose hanya bermodalkan biaya pribadi. Gagasan ini muncul karena keresahannya untuk populasi penyu yang mulai langka ditemukan di Pantai Pasir Jambak. Bermodalkan secukupnya, Yose memberanikan diri untuk membangun sebuah kawasan konservasi penyu dan mengajak masyarakat sekitar untuk tidak mengkonsumsi telur penyu dan melestarikannya.

Yose menuturkan, awalnya dana dari modal pribadi dan untuk operasional saat ini, diperoleh dari donasi masyarakat/wisatawan yang berkunjung dan beberapa perusahaan/komunitas. Pembangunan kawasan konservasi ini sudah cukup menghabiskan uangnya, namun demi kecintaannya terhadap lingkungan, beliau mau untuk mengambil resiko tersebut.

“Konservasi ini feedbacknya mungkin bagi saya tidak terlalu besar, namun berarti bagi lingkungan dan masyarakat sekitar”, ujar Yose ketika ditemui oleh tim kinciakincia.com

Hingga saat ini kawasan konservasi penyu ini telah berkembang dan banyak menarik wisatawan untuk mendapatkan edukasi mengenai pelestarian penyu. Penyu yang di konservasi pun sudah mulai banyak dan sekitar sekali sebulan diadakan pelepasan penyu ke Pantai Pasir Jambak bersama wisatawan dan masyarakat. Sebelum pelepasan, wisatawan juga di edukasi mengenai Penyu yang bermukim di Pantai Pasir Jambak dan jenis-jenis penyu yang ada. Selain kawasan konservasi juga terdapat taman rekreasi yang menyewakan ATV dan berbagai permainan untuk anak-anak.

Kawasan konservasi penyu ini adalah yang kedua di Kota Padang setelah kawasan Konservasi penyu di Pantai Air Manis. Untuk memasuki kawasan tidak dipungut biaya masuk atau biaya parkir. Akses masuk ke lokasi ini yaitu dari Simpang Pasie Nan Tigo, masuk ke kawasan Wisata Pantai Pasir Jambak. Jaraknya dari pusat Kota Padang yaitu sekitar Wisatawan dapat menikmati keindahan alam pantai dan juga mendapatkan edukasi tentang penyu. Wisata ini sangat cocok bagi keluarga karena dapat mengedukasi anak-anak untuk lebih cinta kepada lingkungan.



Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4275-selain-pantai-pasir-jambak-juga-punya-wisata-edukasi.html