Satu Juta Petani dan Nelayan Indonesia Go Online di Tahun 2019

Selasa, 24 April 2018 19:37 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) -
Sektor perikanan pada tahun 2014 telah berkontribusi sebesar 2.35% dari total Produk Domestik Bruto Indonesia. Kontribusi initerbagi menjadi dua jenis perikanan, yaitu perikanan tangkap (1.08%) dan perikanan budidaya (1.27%).

Untuk mendukung fokus pembangunan pemerintah Indonesia di sektor kemaritiman dan kedaulatan pangan maka Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki program prioritas Petani dan Nelayan Go Online dimana pada akhir tahun 2019 ditargetkan tercapai 1.000.000 Petani dan Nelayan Go Online.

Didalam program Nelayan Go Online, Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki 2 program pendukung yaitu Kartu Nelayan Nasional Terintegrasi dan Aplikasi Informasi Dasar bagi nelayan. Tujuan program nelayan Go Online diharapkan dapat memberikan solusi atas permasalahan di sector perikanan dan memfalisitasi pengembangan aplikasi yang tepat untuk menunjang pengusahaan nelayan serta kinerja sector perikanan.

Sumatera Barat, salah satu provinsi yang memiliki kawasan bahari yang cukup luas dan tingkat mata pencaharian petani dan nelayanyang cukup tinggi. Kemkominfo bersama pemerintahan Sumbar telah melakukan penyuluhan mengenai aplikasi nelayan Go Online di PPS Bungus yang dihadiri oleh 100 nelayan pilihan dari beberapaKUB dan Penyuluh Perikanan dari 7 Kecamatan yang ada di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Padakegiatan ini peserta dilatih menggunakan Aplikasi Nelayan Pintar (Nelpin) yang merupakan Aplikasi berbasis android yang menggabungkan berbagai informasi seperti Informasi Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan ( PPDPI), InformasiCuaca (gelombang dan angin), Informasi Kesuburan Perairan, Informasi Pelabuhan dan Harga Ikan serta adanya menu perkiraan BBM dan bantuan. Dengan informasi ini secara tidak langsung para nelayan dapat meningkatkan hasil tangkapan dan produktifitas kerja nelayan serta membantu mengurangi biaya operasional kegiatan penangkapan ikan.

Diharapkan nantinya aplikasi ini dapat memudahkan petani dan nelayan di Sumbar dan meningkatkan hasil produksi sector pertanian dan perikanan dan target 1 juta petani dan nelayan go online dapat terealisasi di akhir tahun 2019.


Video Motion Graphic dapat dilihat pada link berikut :

https://www.youtube.com/watch?v=SXpSEvhbJAQ


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4255-satu-juta-petani-dan-nelayan-indonesia-go-online-di-tahun-2019.html