Workshop Akses Permodalan untuk Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif

Selasa, 11 April 2017 07:59 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan “Workshop Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Terkait Akses Permodalan” di Tasikmalaya selama tiga hari (9-11/4/2017).

Acara ini merupakan tindak lanjut Bekraf atas perjanjian kerja sama dengan Lembaga Keuangan Non Bank (LKNB) Perusahaan Baitul Maal wat Tamwil (PBMT) Ventura terkait pemberian bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaaan kebijakan dan program pembiayaan kepada pelaku ekonomi kreatif.

Kegiatan serupa yang ke kedua kalinya gigelar di tahun 2017 yang sebelumnya sukses digelar di Tegal (9/3). Pelaku usaha ekonomi kreatif berjumlah 80 orang yang menjadi peserta acara ini adalah mereka yang sudah dan akan mendapat pinjaman dana dari PBMT Ventura.

“Pelaku usaha ekonomi kreatif berkesempatan mengetahui cara meningkatkan kapasitas dalam manajemen keuangan, manajemen risiko, memahami inovasi dalam menjalankan usaha kreatifnya melalui acara ini. Mereka juga dapat meningkatkan variasi dan kualitas produk dengan ilmu yang disampaikan oleh narasumber yang kami hadirkan,” ucap Direktur Akses Non Perbankan Bekraf Sugeng Santoso saat menjelaskan upaya Bekraf dalam meningkatkan kapasitas pelaku ekonomi kreatif, Selasa (11/4/2017).

Workshop ini merupakan peran Bekraf sebagai intermediasi antara pelaku ekonomi kreatif dan LKNB. Harapannya, para peserta workshop ini bisa mengakses sumber permodalan dari LKNB; melaksanakan manajemen keuangan dan manajemen risiko; serta memasukkan kreativitas dan inovasi dalam menjalankan usahanya.

Di lain pihak, LKNB juga berperan maksimal sebagai sumber permodalan bagi pengembangan bisnis pelaku usaha kreatif.

“Workshop Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif” yang digelar selama tiga hari ini diisi dengan narasumber berkompeten di bidangnya masing-masing, terdiri dari anggota Komisi X DPR RI H. Mohamad Sohibul Iman, Direktur Akses Non Perbankan Sugeng Santoso, Direktur Operasional PBMT Ventura Harjono Sukarno sosialisasi akses permodalan PBMT Ventura. Ini untuk hari pertama kegiatan.

Selanjutnya pada hari kedua dihadirkan, CEO Fokus Maxima Makhsun Al Makky, Kasubdit Informasi & Pengelolaan Data, Direktorat Riset, dan Pengembangan Bekraf Slamet Aji Pamungkas, Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, dan Kepala Bappeda Kota Tasikmalaya masing-masing memaparkan peranan ekonomi kreatif dalam pembangunan ekonomi.
Narasumber berikutnya adalah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Tasikmalaya yaitu Nazmudinazis dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya yaitu Tantan Rustandi yang hadir pula untuk menjelaskan ekonomi kreatif di Kabupaten dan Kota Tasikmalaya.

Kemudian, Direktur Utama PBMT Ventura Saat Suharto, Direktur Utama BMT Beringharjo Mursida Rambe, pelaku ekonomi kreatif subsektor kuliner Haryo Pramoe, dan Rachmat Fajar, Direktur Utama, serta ada CEO Fokus Maxima Makhsun Al Makky. (kkc)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4192-workshop-akses-permodalan-untuk-pelaku-usaha-ekonomi-kreatif.html