Sumbar Poros Startup Nasional

Selasa, 11 April 2017 07:38 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Dengan adanya konsep iven startup seperti ini, Visio dan Amcor berharap semakin tumbuh dan menjamurnya startup di Sumatera Barat. Mereka berpikir, bahwa cukup banyak talenta di Sumbar yang memiliki skillset yang bagus untuk membuat startup sekelas Bukalapak, Gojek ataupun Lazada.

“Kita di Sumbar memiliki talenta untuk membuat startup fase awal sekelas Gojek atau Bukalapak, sayangnya talenta-talenta ini mereka hidup dalam ekosistem startup yang tidak pas, atau tempat pembelajaran yang tidak pas. Hal ini membuat mereka berjalan sendiri-sendiri dan cenderung berbisnis digital konvensional seperti jasa order pembuatan website dan aplikasi. Tentu ini sangat disayangkan sekali,” ujar Arsyad, Perwakilan dari Amcor Unand.

Pada tanggal 6-8 April 2017 menjadi era baru bagi ekosistem bisnis rintisan digital (startup) di Sumatera Barat. Pasalnya pada tanggal tersebut telah berhasil diluncurkannya delapan usaha startup baru yang siap bersaing dan melejit di kancah bisnis startup Indonesia.

Acara yang bernama Startup Padang Lab yang diadakan oleh Visio Incubator, sebuah lembaga pelatihan bisnis berbasis digital dan American Corner (Amcor) Universitas Andalas, bertempat di American Corner Universitas Andalas, Padang.

Dengan adanya kegiatan ini, Hendriko Firman dan Ogy dari dari Visio Incubator, serta Arsyad dari Amcor Unand berharap semakin menjamurnya pelaku startup di Sumbar. Di sisi lain mereka juga berharap Sumbar juga bisa menjadi poros startup nasional, dimana selama ini selalu didominasi oleh kota-kota di Pulau Jawa.

“Selama ini saat orang ingin membangun startup mereka pindah ke Jakarta, bandung atau Jogja. Tapi kita ingin memutus rantai itu, kalau untuk awal-awalnya di Sumbar masih bisa kenapa harus memulainya di pulau Jawa yang membutuhkan biaya besar. Setelah mendapatkan pendanaan dan ingin scale up, barulah tidak apa pindah ke Jakarta,” ungkap Ogy.

Visio Incubator rencana akan mengadakan Startup Padang Labs Batch 2 dalam waktu dekat. Kegiatan yang di adopsi dari Startup Weekendnya Google ini rencananya akan dipercepat, melihat antusiasnya para peserta kemarin yang terlibat.

“Kita sudah banyak menerima permintaan untuk dibuka lagi even seperti ini. Dan mungkin dalam waktu 2-3 bulan, kita akan membuka lagi iven ini untuk batch ke-2,” ujar Hendriko optimis. (kkc)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4191-sumbar-poros-startup-nasional.html