3 Hari Sukses Cetak 8 Startup Baru

Selasa, 11 April 2017 07:23 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Pada tanggal 6-8 April 2017 menjadi era baru bagi ekosistem bisnis rintisan digital (startup) di Sumatera Barat. Pasalnya pada tanggal tersebut telah berhasil diluncurkannya delapan usaha startup baru yang siap bersaing dan melejit di kancah bisnis startup Indonesia.

Semua bisa terjadi karena sebuah acara yang bernama Startup Padang Lab yang diadakan oleh Visio Incubator, sebuah lembaga pelatihan bisnis berbasis digital dan American Corner (Amcor) Universitas Andalas, bertempat di American Corner Universitas Andalas, Padang. Apa yang dilakukan acara ini, sehingga bisa menginisiasi terbentuknya 8 startup baru ini?

“Startup Padang Labs adalah kegiatan selama 54 jam, dimana kami mempertemukan kelompok programmer, desainer dan pemilik ide startup mengkonversi ide startupnya menjadi startup layak (feasible). Kami membantu mereka dalam pencarian tim yang tepat dalam mendukung ide-ide mereka tadi. Setelah itu, tim ini akan bekerja siang malam untuk membuat prototipe produk (produk contoh/percobaan) dari ide mereka tadi. Dan di hari ketiga, mereka akan melakukan demo atau presentasi di depan calon investor,” kata Hendriko Firman, CEO dari Visio Incubator, kepada kinciakincia.com, Selasa (11/4/2017).

Cara Cepat Membuat Usaha

“Membuat bisnis startup cenderung mudah,” tambah Ogy, CMO dari Visio Incubator. Menurutnya, yang menjadi masalah ialah jika tidak memiliki informasi bagaimana cara membuatnya, maka itu akan menjadi masalah.

"Di Startup Padang Labs Batch 1 ini, kami menolong para pemilik ide ini dalam meng-hack (mencari jalan pintas), agar startupnya bisa di luncurkan secepat mungkin. Kita menolong pemilik ide ini menggunakan tools seperti bisnis model kanvas, wireframing dan pembuatan pitchdeck. Tujuannya, agar mereka memahami secara keseluruhan ide kasar ini, dan apakah berpeluang untuk menjadi bisnis yang layak dan mendatangkan profit serta memiliki resiko kecil untuk gagal,” tambah Ogy. (kkc)



Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4189-3-hari-sukses-cetak-8-startup-baru.html