Agam akan Produksi Tepung Cabai

Selasa, 14 Februari 2017 23:38 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Ada keinginan pelaku usaha membuat tepung cabai di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam. Kegiatan itu merupakan kerja sama organisasi Gerakan Pembangunan Petani Matur (Gerbang Tama) dengan pihak NDC Unand Padang.

Tepung cabai dikemas dengan kemasan cantik dan bisa menembus pasar swalayan. Yang menarik, pihak NDC Unand menjamin pemasaran tepung cabai dengan harga yang tidak merugikan petani.

Ide untuk memproduksi tepung cabai itu mencuat kala harga cabai anjlok. Sat itu banyak cabai petani dijual murah sehingga biaya produksi pun tidak kembali. Bila diproses menjadi tepung cabai, maka cabai petani bisa tahan disimpan selama setahun.

“Inilah solusi terbaik untuk menyelamatkan petani cabai dari kerugian, kala harga cabai anjlok,” kata Lukman, pendiri Gerbang Tama, Selasa (14/2/2017) di Lubuk Basung.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri mengapresiasi rencana pembuatan tepung cabai tersebut.

Menurutnya, kegiatan itu bisa menjadi inovasi baru di tengah komunitas petani, terutama petani cabai. Ia berharap hal itu bukan hanya sebuah wacana, tetapi bisa secepatnya direalisasikan.

“Pengolahan cabai seperti itu bisa melindungi petani dari tengkulak dan spekulan. Di sisi lain, bisa menjadi stabilisator harga cabai yang sering menggila tak terduga,” ujar Indra Catri.

Bupati mengaku sedih kala harga jatuh petani menderita kerugian. Bukan saja petani cabai, tetapi petani lainnya, seperti petani tomat, sering mengalami kerugian, akibat anjloknya harga. Tidak jarang buah tomat dibuang begitu saja, karena bila dibawa ke pasar, penjualannya tidak mampu menutup ongkos angkut.

Ia berharap, inovasi seperti itu tumbuh dari putra Agam dan para ASN sehingga muncul inovasi baru untuk menyelamatkan petani dari kerugian akibat fluktuasi harga, yang tidak bersahabat dengan mereka.

“Mari kita berpikir dan berbuat untuk menciptakan sesuatu yang mampu meningkatkan kesejahteraan warga. Dengan demikian Agam akan jaya, warganya makmur dan sejahtera,” ujarnya pula berharap. (MIA)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4040-agam-akan-produksi-tepung-cabai-.html