Agam Terus Kembangkan Tanaman Produktif

Minggu, 15 Januari 2017 13:19 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Pada 2017 ini, sebanyak empat ribu bibit tanaman berupa durian, jengkol, petai dan nangka dikembangkan di sejumlah kawasan di Kapupaten Agam. Tanaman ini dinilai produktif dan cocok di kawasan ini dengan mambagikan secara gratis kepada masyarakat.

"Tujuannya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Tanaman berupa durian, jengkol, petai dan nangka ini dibagikan gratis. Masing-masing tanaman ini akan kita kembangkan atau dibibitkan sebanyak 4.000 batang," kata Ermanto, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Minggu, 15/1//2017).

Dijelaskann Ermanto, pembibitan ini akan dilakukan di halaman kantor Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan di Kecamatan Lubuk Basung dan Balai Benih Ikan (BBI) Gumarang Kecamatan Palembayan.

"Lokasi penyemaian sudah selesai dan dalam waktu dekat bibit tanaman ini akan disemaikan. Selain itu, kita juga melakukan pembibitan cabai, tomat dan lainnya," terangnya.

Setelah besar, bibit tersebut akan dibagikan kepada warga secara gratis untuk ditanam di halaman rumah mereka.

Pembibitan ini untuk mendukung program "Agam Menyemai" yang telah dicanangkan Bupati Agam Indra Catri semenjak 2010.

"Buah yang dihasilkan tanaman ini bisa dijual ke pasar tradisional dan kita berharap program ini berjalan dengan baik," katanya.

Selain melakukan pembibitan tanaman produktif, pihaknya juga melakukan pembibitan ikan jenis nila, mas, koi dan lele di BBI Gumarang Kecamatan Palembayan dan BBI Kecamatan Lubuk Basung dan bibit ikan ini dibagikan kepada masyarakat.

Pada tahun ini, pihaknya menargetkan dua juta ekor bibit ikan untuk dibagikan kepada masyarakat. Target ini masih sama pada 2016.

"Pada 2016, permintaan bibit ikan dari masyarakat hanya sekitar satu juta ekor," katanya.

Anggota Komisi II Bidang Perekonomian dan Keuangan DPRD Agam, Jondra Marjaya, mendukung program pembibitan tanaman produktif dari Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam.

Pihaknya berharap bibit tanaman yang akan dikembangkan itu memiliki kualitas unggul, sehingga hasilnya akan memuaskan.

Dengan cara itu, tambahnya, maka target pembibitan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan tercapai nantinya.

"Ini yang kita harapkan sehingga tujuan program ini akan tercapai. Dinas terkait juga diharapkan untuk memberikan penyuluhan bercocok tanaman yang baik kepada masyarakat," katanya. (MIA)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/3923-agam-terus-kembangkan-tanaman-produktif.html