Sinergi Kelompok Sadar Wisata Naikkan Martabat Pariwisata Agam

Minggu, 18 Desember 2016 20:13 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Keberadaan Kelompok Sadar Wisata di Kabupaten Agam sangat membantu pembangunan pariwisata di daerah itu.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Agam, Hadi Suryadi, SH, Minggu (18/12/2016).

Kelompok tersebut beranggotakan warga sekitar objek wisata, bahkan di antaranya merupakan pelaku pariwisata, seperti pedagang makanan dan minuman di objek dimaksud.

Setidaknya,saat ini terdapat 13 kelompok sadar wisata di daerah itu. Kelompok tersebut tersebar dari Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara, sampai ke Sungai Janiah, Kecamatan Baso.

“Jumlah terbanyak terdapat di Kecamatan Tanjung Raya,” ujarnya.

Anggota kelompok telah dibekali ilmu dan keterampilan kepariwisataan. Mereka sudah sangast memahami arti penting memperlakukan pengunjung objek wisata dengan ramah, dan santun. Mereka juga sudah sangat menyadari, kalau melakukan perbuatan yang tidak menyenangkan para tamu objek wisata, bisa merugikan mereka sendiri nantinya.

“Kalau biasanya para pedagang sering memanfaatkan banyaknya pengunjung pada hari libur, untuk melakukan aksi pakuak, kini tidak lagi. Bahkan, tukang parkir, yang dulunya sangar dan galak, kini sudah ramah dan santun, serta tidak mau lagi main palak,” ujarnya pula.

Kondisi demikian telah mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Agam. Pengunjung mulai nyaman dan betah bersama keluarga di objek wisata yang ada di Agam.

“Keluhan wisatawan, terutama pada libur lebaran, sudah tidak terdengar lagi. Biasanya, keluhan mereka akibat ulah juru parkir dan pedagang makanan dan minuman yang main pakuak,” ujarnya lagi.

Dengan adanya kelompok sadar wisata, Hadi optimis masa depan dunia kepariwisataan Agam akan semakin menjanjikan. Tahun ini, pihaknya menargetkan 530.000 orang wisatawan berkunjung ke daerah itu. Sedangkan untuk Desember 2016, ditargetkan 55.000 orang, dengan rincian, wisatawan nusantara 50.000, dan wisatawan manca negara 5.000 orang. (MIA)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/3826-sinergi-kelompok-sadar-wisata-naikkan-martabat-pariwisata-agam.html