Tingkatkan Komoditas, Agam Sebarkan Bibit Aneka Tanaman

Minggu, 18 Desember 2016 21:04 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Pemerintah Kabupaten Agam kini benar-benar memanjakan warganya yang berminat untuk menanami lahan mereka. Untuk itu, kini tersedia aneka bibit tanaman sekitar 1 juta batang di kebun bibit permanen (KBP).

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Yulnasri, Minggu (18/12/2016).

"Bibit cengkeh banyak diminati warga, terutama warga Salingka Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya. Sepekan terakhir telah didistribusikan bantuan bibit cengkeh 5.500 batang. Di antaranya di Nagari Sungai Batang 1.500 batang,d an di Bayur 4.000 batang," kata Yulnasri.

Menurutnya, Kecamatan Tanjung Raya dulu terkenal sebagai penghasil cengkeh dan pala. Namun cengkeh musnah pada era 70-an. Sedangkan pala masih tetap bertahan.

Dulu, di masa kejayaan tanaman cengkeh, kawasan Kelok 44 dipenuhi tanaman tersebut. Setelah cengkeh habis, kawasan tersebut terlihat kurang menarik, walau di sana-sini masih ada yang mencoba menanaminya dengan cengkeh dan pala.

Pala juga ada musuhnya, yang bisa menyebabkan Kematian massal. Di Nagari Tanjung Sani, banyak tanaman pala yang mati, namun masih banyak yang bertahan hidup. Pala yang masih hidup, sudah diberi obat penangkal, agar tidak diserang virus yang mematikan tanaman itu.

Tanaman pala yang mati tersebut, mayoritas yang kurang perawatan. Justru itu, Yulnasri mengingatkan agar pemilik tanaman selalu merawat tanaman sesuai petunjuk petugas perkebunan. Dengan demikian, tanaman bisa diharapkan hidup lebih lama, dan memberikan hasil optimal untuk pemiliknya.

Di samping bibit cengkeh, di kebun bibit milik Pemkab Agam tersedia bibit surian, mahoni, kopi, bayua, dan bibit tanaman lainnya. Warga yang membutuhkan tinggal menyampaikan permintaan kepada Pemkab Agam melalui Dishutbun Agam. (MIA)



Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/3825-tingkatkan-komoditas-agam-sebarkan-bibit-aneka-tanaman.html