Pasaman Barat Gelar Selaju Sampan, Gali Potensi Muaro Pantai Sasak

Minggu, 18 Desember 2016 20:00 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-13 Kabupaten Pasaman Barat digelar berbagai iven wisata. Di Nagari Sasak digelar lomba selaju sampan di dukung oleh masyarakat sekitar.

Pangulu Adat Nagari Sasak Akmal Bahri yang hadir dalam pembukaan di Muaro Pantai Sasak Minggu (18/12/2016) mendukung penuh kegiatan yang menghidupkan perekonomian nagari tersebut. Bagi Akmal, iven seperti itu bisa meramaikan orang yang datang ke Sasak.

"Ya kami sebagai Pangulu Adat Nagari Sasak mendukung semua program pemerintah salah satunya menghidupkan kegiatan wisata seperti ini. Sebab, secara tidak langsung masyarakat sasak terbuka kesempatan secara ekonomi. Kitapun berharap, kegiatan ini tidak hanya sebatas seperti ini. Ada upaya Pemda Pasbar memajukan lokasi wisata dengan cara memperbaiki objek wisata yang saat ini seadanya," terang Akmal Bahri, salah seorang Pangulu Adat Nagari Sasak Akmal Bahri yang diamini oleh Walinagari Sasak Arman.

Keinginan dari Pangulu Adat Nagari Sasak tersebut disambut baik oleh Bupati Pasaman Barat H. Syahiran melalui Sekretaris Daerah Manus Handri yang membuka kegiatan selaju sampan tersebut.

Menurut Manus Handri, kegiatan Selaju Sampan yang tahun ini masih terlihat 'sederhana' dengan segala persiapan dan penampilan. Tetapi, tahun depan selaju sampan akan di 'permak' habis. Mulai dari penampilan hingga desain Pantai Muaro Lasak

"Tahun depan selaju sampan ini akan kita robah bentuknya. Dia tidak lagi sesederhana ini. Kita akan jadikan selaju sampan ini menjadi perahu naga. Muaro akan kita sulap menjadi indah dengan desain pinggirnya arena tempat penonton. Kita akan masukkan ke APBD Kabupaten Pasbar, dan akan kita koordinasikane dengan pihak provinsi," sebut Manus Handri.

Menurut Manus Handri objek wisata Sasak akan menjadi icon andalan wisata Pasbar dan Sumbar. Sebab, tidak hanya dari Pasbar yang akan mendaftar, pecinta perahu naga dari daerah lain di Sumbar akan ambil bagian.

"Saya rasa peminat perahu naga ini tidak hanya dari Pasbar. Akan ada dari daerah lain. Ini akan menjadi impian kita ke depan yang musti terwujud,"harap Manus Handri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasbar Armen iven menyambut HUT Pasbar yang ke 13 itu untuk menyemarakkan pecinta perahu sampan. Ada 27 tim yang ambil bagian dalam kegiatan tersebut dan satu tim terdiri dari 3 orang.

"Bagi pemenang kita sudah siapkan hadiah berupa uang tunai jutaan rupiah dan piala," terang Armen. (NIR)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/3824-pasaman-barat-gelar-selaju-sampan-gali-potensi-muaro-pantai-sasak.html