Angga dan Riyo Juara Pertama dalam Sumbar AdFest 2016

Minggu, 27 November 2016 14:34 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Angga Septiawan dan Riyo Ramadhan menjuarai kompetisi Sumatera Barat Advertasing Festival (AdFest) 2016 masing-masing untuk kategori audio visual dan poster. Malam anugerah Sumbar AdFest 2016 ini digelar, Sabtu malam (26/11/2016) di Kryiad Bumiminang Hotel Padang.

Menurut Arif Budiman, CEO PT Petak Umpet Yogyakarta dan juga seorang pakar jenama (branding), puluhan karya audio visual dan poster yang masuk ke meja dewan juri, bagus dan cara menyampaikan pesannya cukup mengena.

"Kendati begitu, dewan juri tetap harus memilih yang terbaik. Dan catatan penting dari dewan juri, Sumbar memiliki potensi dan talenta yang tak kalah dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Selepas ini harus kita bangun bersama ekosistem yang mendukung kreativitas," kata Arief Budiman ketika menyampaikan catatan dewan juri sebelum pengumuman pemenang Sumbar AdFest, Sabtu malam.

Dijelaskannya, iven Sumbar AdFest ini harus dilakukan secara berkesinambunngan dan rutin.

"Iven seperti ini harus diperbanyak dan terus diperluas kriterianya. Bukan hanya festival, tapi iven-iven lainnya juga harus dikembangkan. Sumatera Barat harus berbapacu dengan kota-kota lainnya di Indonesia," katanya.

Sementara itu, dalam laporanya, Yulvialdi Ketua Pelaksana Sumbar Adfest 2016 mengatakan, setelah melalui proses seleksi panjang yang dilakukan panitia dan juri Sumbar Adfest 2016, penerima anugerah karya terbaik malam ini, adalah yang terbaik dari yang terbaik.

"Sumbar Adfest merupakan salah satu ajang kreatif insan periklanan yang pertama kali dilakukan di Sumatera Barat. Bentuknya kompetisi. Dan kegiatan ini diharapkan menjadi kebangkitan kreativitas insan periklanan di Sumatera Barat,” kata sosok yang akrab disama Adek ini.

Menurut Yulvialdi, pengumpulan karya kreatif ini dilakukan selama satu bulan sejak 17 Oktober 2016 hinga 16 November 2016. Pesertanya dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan umum.

"Ternyata peminatnya sangat banyak. Ini gambatan nyata Sumatera Barat punya potensi pada sektor periklanan atau advertising tapi selama ini belum terfasilitasi. Sumbar Adfest 2016 saya kira sala satu ruang kreatif dan ekspresi bagi insan kreatif di Sumbar," kata Adek, yang juga pemilik abangadek Adverstising ini.

Ia menyebutkan, kegiatan ini merupakan salah satu program Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Provinsi Sumatera Barat, hampir 60 persen peserta yang ikut dalam kompetisi ini berasal dari sekoah kejuruan yang ada di Sumbar. Konten karya yang dikirimkan beragam dan penuh dengan ide kreatif.

"Acuan utama tim seleksi atau juri adalah “Creative Idea for Sumbar”. Karya yang masuk ke panitia jumlahnya cukup signifikan. Bentuk audio visual 35 unit karya dan 38 buah karya poster," tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar menyerahkan penghargaan kepala pemenang iklan poster dan audi visual

Sekteraris Jenderal (Sekjen) Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Adnan Iskandar mengatakan, Sumatera Barat ini mempunyai sumber daya dan talenta-talenta yang luar biasa di dunia industri kreatif. Jiwa dagang yang tertanam dalam jiwa masyarakat Minang ini, memicu berkembangnya ekonomi dan industri kreatif.

Selain jiwa dagang itu, budaya Minang yang melatarbelakangi kehidupan sosialnya juga memengaruhi munculnya gagasan segar di dunia adverstising. Tapi, sesuatu hal yang sangat disayangkan, sebagian besar putra daerah Minang ini berkiprah di luar Sumbar.

"Maka dari itu, talenta-talenta yang muncul dalam Sumbar AdFest ini merupakan bibit dan benih yang perlu kita kawal bersama. Perlu kita rawat," kata Adnan Iskandar.

Dijelaskannya, Sumbar AdFest 2016 ini merupakan salah satu bagian program P3I Sumatera Barat yang tujuannya untuk memotivasi dan menumbuhkan spirit insan muda kreatif di Sumatera Barat.

"Kegiatan begini intensitasnya harus ditingkatkan. Ini penting. P3I Sumbar bisa lakukan berkesinambungan sebagai iven tetap," tambahnya.

Selain itu, iven Sumbar AdFest 2016 menjadi salah satu stimulus untuk kebangkitan kreativitas insan periklanan di Sumatera Barat.

Selain pemberian anugerah kepada pada pemenang, insan kreatif juga menyaksikan pertunjukan kolaborasi musik akustik dengan tari karya Susandra Jaya berjudul "Ratok Tangkelek".

Terlihat hadir malam penganugerahan itu antara lain Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Barat, Sekjen P2I Pusat Adnan Iskandar, Boy Lestari dari usahan advertising Buana Lestari, Ketua P3I Sumut, Ketua P3I Sumbar, dara praktisi periklanan dan reklame di Kota Padang, serta insan kreatif Sumbar.

Berikut pemenang Sumbar AdFest 2016.
Kategori Iklan Audio Visual
1. Juara I Angga Septiawan
2. Juara II A (D) Kru
3. Juara III Metro Robertho

Kategori Iklan Poster
1. Juara I Riyo Ramadhan
2. Juara II Oge Winenri
3. Juara III Hanrus Rusdi (kkc)



Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/3747-angga-dan-riyo-juara-pertama-dalam-sumbar-adfest-2016.html