‘E-commerce’ di Tokopedia Gunakan Sistem ERP

Selasa, 15 November 2016 14:45 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Di zaman sekarang ini, berbelanja online sudah bukan lagi hal yang baru. Hampir semua orang pernah membeli atau setidaknya mengintip barang apa saja yang dijual dalam situs perbelanjaan.

Konsep yang hampir sama dengan mal atau toko fisik yang ada, para pembeli dapat melihat barang serta harga dari sebuah produk yang diinginkan. Mulai dari gadget, perlengkapan rumah, hingga makanan semua sudah bisa dibeli melalui toko online.

Salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia memungkinkan perorangan dan usaha UKM untuk membuka dan mengelola toko online mereka sendiri. Setiap tahunnya, Tokopedia menangani jutaan transaksi dari para merchant dan pembeli.

Oleh karena sistem pembayaran yang rumit, platform online yang aman, aplikasi mobile, dan pengaturan Escrow, Tokopedia perlu meningkatkan proses pembukuannya. Hal tersebut bertujuan untuk mengelola transaksi dengan jumlah yang banyak.

Tokopedia pun memanfaatkan tekonologi guna meningkatkan bisnisnya yang bertumbuh semakin basar. Akhirnya, Tokopedia memilih SAP Business One yang dirancang untuk usaha kecil dan menengah, serta memiliki sekitar 500 ribu lebih pelanggan di Indonesia.

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) dari SAP Business One telah membantu Tokopedia dalam proses pembukuan agar seimbang dengan volume transaksi yang terus bertambah. ERP juga dapat memenuhi kebutuhan Tokopedia dalam mengembangkan solusi tambahan yang diintegrasikan ke dalam solusi SAP Business One.

“Dengan mengintegrasikan ke dalam sistem bawaan untuk menghasilkan laporan yang akurat, tentang volume dan sistem transaksi, juga memungkinkan untuk mempererat hubungan antar mitra kami dan pengguna akhir tentunya,” kata Account & Finance PT Tokopedia Bela Sava.

Bukan sekadar itu saja, SAP Business One juga membantu Tokopedia dalam memaksimalkan kontrol pengeluaran, distribusi, pesanan, dan pembelian pelanggan. Setelah menggunakan SAP Business One, Tokopedia berhasil meningkatkan 20 persen tingkat kepuasaan pelanggan.

“Kepuasan pelanggan meningkat pesat dan ini merupakan hal penting bagi kami. Karena Tokopedia bergerak dalam e-commerce marketplace, jadi ditribusi kami semakin kokoh. Kami dapat mengelola pesanan dan pembelian lebih baik dengan memnggunakan analisis data yang real time,” ujar Bela Sava.

Sistem ERP dari SAP Business One ini bisa menjadi investasi. Tidak hanya perusahaan besar saja yang dapat menggunakan SAP Business One ini, usaha kecil dan menengah juga dapat menggunakan sistem ERP ini karena nilainya yang tidak mahal.

SAP Business One dirancang dengan fungsi waktu dan pengurangan biaya agarReturn of Investment (ROI) dapat cepat diperoleh. Penerapan sistem ERP SAP Business One dapat dimulai dari skala kecil menengah sebagai dasar pertumbuhan usaha.

Alasan lain Tokopedia memilih SAP Business One sebagai mitra lokal karena SAP memiliki rekam jejak yang sudah terbukti memberikan solusi bagi industri e-commerce seperti Tokopedia. Bela Sava pun berharap ke depannya Tokopedia akan terus menjadi yang terdepan dengan SAP Business One. (kkc)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/3689-‘ecommerce’-di-tokopedia-gunakan-sistem-erp.html