Di Pesisir Selatan, 500 Jenis Makanan dari Lokan Masuk MURI

Kamis, 10 November 2016 10:11 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Sebanyak 500 jenis olahan makanan berbahan dasar lokan (siput/kerang) yang disajikan oleh 1.029 juru masak di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Rabu (9/11/2016).

Senior Manejer MURI Awan Rahargo usai menyerahkan penghargaan menyampaikan tim penilai telah mencatat kejadian luar biasa terkait cipta kreasi makanan yang berbahan dasar lokan.

"Ini baru yang pertama kali sehingga Pesisir Selatan berhasil memecahkan MURI dengan penyajian makanan berbahan dasar lokan hingga 500 jenis," ungkapnya seperti dikutip dari antara.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengatakan kabupaten yang dipimpinnya itu memiliki potensi lokan yang cukup menjanjikan.

Bahkan katanya, berdasarkan data dari Dinas Kelautan dan Perikanan setempat produksi lokan daerah paling selatan di Sumbar ini mencapai 1,5 ton setiap tahunnya.

Melalui pemecahan rekor MURI ini ia mendorong masyarakat setempat untuk terus berkreasi menciptakan berbagai makanan olahan dari lokan sehingga kegiatan tersebut mengahasilkan pundi-pundi rupiah untuk mereka.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Lisdawati Hendrajoni menyebutkan kegiatan ini merupakan kerjasama pihaknya dengan Badan Ketahanan Pangan Pesisir Selatan.

Menurutnya, dengan menggali potensi kegiatan hilir dari lokan secara otomatis dapat meningkatkan kreasi dari pelaku usaha lokan itu sendiri.

"Saya bertekad akan menjadikan produk olahan lokan ini sebagai produk unggulan Kabupaten Pesisir Selatan dan ini langkah awal," terangnya.

Penghargaan pemecahan rekor MURI diterima oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Lisdawati Hendrajoni yang disaksikan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pesisir Selatan, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), camat, wali nagari se-Pesisir Selatan dan 1.029 peserta. (kkc)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/3663-di-pesisir-selatan-500-jenis-makanan-dari-lokan-masuk-muri.html