6 Langkah Jitu Memulai Bisnis Tur dan Travel

Senin, 07 November 2016 23:17 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Bisnis tur dan travel lebih pada bisnis yang bergerak dalam bidang jasa dan tidak membutuhkan modal banyak. Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan mempunyai keindahan alam yang sangat banyak. Sektor pariwisata di Indonesia terus mengalami perkembangan yang cukup baik.

Kondisi seperti itu membuat minat dan antusias masyarakat untuk berlibur semakin meningkat. Sehingga dapat menjadi peluang dengan memanfaatkan kondisi tersebut dalam bentuk bisnis tour dan travel.

Bisnis tur dan travel lebih pada bisnis yang bergerak dalam bidang jasa dan tidak membutuhkan modal banyak sehingga peluang bisnis ini cukup menjanjikan. Namun bisnis tersebut memiliki penghasilan yang cukup besar sehingga menyebabkan persaingan yang cukup berat.

Anda yang ingin membuka bisnis tur dan travel harus banyak melakukan pertimbangan sebelum memulainya. Berikut adalah tips yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis tur dan travel.

1. Mempelajari Bisnis Tur dan Travel


Sebelum membuka bisnis tur dan travel sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu tentang apa yang harus disiapkan dan memikirkan strategi-strategi agar mampu bersaing dengan pelaku bisnis lainnya. Hal tersebut juga akan berguna untuk Anda sebagai cara untuk mempersiapkan mental berbisnis Anda.

2. Memberikan Nama yang Menarik


Berikanlah nama yang menarik untuk bisnis travel Anda, sehingga bisnis Anda mudah diingat oleh orang dan meberikan citra positif.

3. Memilih Lokasi Strategis


Untuk memulai bisnis tour dan travel, Anda perlu menentukan lokasi usaha yang strategis karena dengan memiliki lokasi yang strategis maka semakin besar kesempatan Anda untuk bisa mendapatkan konsumen dalam jumlah yang lebih besar.

4. Memanfaatkan Teknologi


Teknologi dapat Anda manfaatkan untuk memasarkan bisnis Anda agar lebih dikenal secara luas. Selain itu, Anda dapat menyediakan fasilitas yang mendukung bisnis tur dan travel seperti pemesanan tiket via online. Hal tersebut bisa menjadi keunggulan bisnis Anda.

5. Berikan Pelayanan Terbaik


Kepuasan pelanggan adalah nomor satu. Dengan memberikan pelayanan terbaik konsumen akan merasa percaya, dan tidak berpindah pada bisnis tur dan travel yang lain. Sehingga bisnis tur dan travel Anda akan sulit disaingi oleh pelaku bisnis lainnya.

6. Memperluas Jaringan dan Relasi


Sebagai pelaku bisnis Anda harus memperluas jaringan dan relasi seluas mungkin. Karena Anda sebagai pelaku usaha tidak dapat berdiri sendiri sehingga Anda perlu memperluas jaringan dan relasi baik dengan investor maupun pelaku bisnis dibidang yang lainnya untuk melakukan kerjasama. Jika Anda dapat melakukan itu, maka bisnis Anda akan semakin dikenal dan meraih kesuksesan.

Lalu tunggu apalagi? Mulailah bisnis tour and travel Anda mulai dari sekarang dengan menerapkan beberapa tips di atas, dan rasakan manfaatnya. (kkc)

Sumber: suara.com


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/3654-6-langkah-jitu-memulai-bisnis-tur-dan-travel.html