Hendra-Ashfihani Dinobatkan sebagai "Silange-Siokko Mentawai" 2016

Minggu, 30 Oktober 2016 16:04 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Muhammad Hendra-Ashfihani Basnur terpilih menjadi Duta Wisata Kabupaten Kepulauan Mentawai 2016 dalam ajang pemilihan "Siokkok Silange Mentawai". Pengumuman pemenang dilakukan pada grand final Sabtu (29/10/2016) malam di Tua Pejat. Pasangan ini berhasil menyisihkan 9 pasang finalis lainnya. Kegiatan yang digelar Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Mentawai ini dilaksanakan melalui tahapan selama 6 hari.

Pasangan Hendra dan Ashfilihani berhasil menyisihkan 9 finalis lainnya setelah mengumpulkan poin lebih tinggi berdasarkan penilaian juri. Pasangan ini dinilai juri memiliki intelektualitas, penampilan menarik dan perilaku yang lebih baik untuk menjadi duta wisata Mentawai 2016.

Dilaporkan mentawaikita.com, Plt. Sekda Mentawai Syaiful Jannah dan Asisten I Seminar Siritoitet diberikan hak menjemput duta wisata terpilih sekaligus menobatkan yang disaksikan masyarakat yang hadir saat itu

Juara kedua yang meraih "Silange-Siokko Mentawai" adalah Jonatan Evan dan Angela Merici Sirirui, keduanya menjadi Wakil 1 Silainge-Siokko Mentawai 2016. Disusul wakil II Jecky Nehendra dan Putri Ayu dan Harapan I diraih oleh Mespin Zulian dan Ridna Mayuni.

Kepala Disbudparpora Mentawai, Desti Seminora yang menjadi salah satu juri pemilihan duta wisata Mentawai mengatakan, penilaian duta didasarkan pada 3B, yakni brain (intelektualalitas), beauty (kecantikan) dan behavior (tingkah laku).

"Ini sangat penting sebab mereka akan diberi tanggung jawab melakukan tugas yang diprogramkan dinas pariwisata seperti melakukan pembinaan, pemberdayaan, kelompok sadar wisata," kata Desti.

Penilaian duta wisata menurut Desti telah memenuhi syarat. "Mereka memiliki wawasan kementawaian yang sangat baik terutama dalam hal budaya dan pariwisata, kita tidak hanya memerlukan tim untuk promosikan dari dalam lokal tapi juga kita dapat berkolaborasi dengan jaringan luar untuk mengembangkan kepariwisataan Mentawai ke depan baik di dalam lokal maupun mancanegara," tambahnya.

Hendra dan Ashfihani mengaku akan fokus memperjuangkan Mentawai tingkat provinsi dan berkomitmen membentuk kelompok sadar wisata.

"Pertama mempromosikan titik wisata Mentawai, akan membentuk kelompok duta setelah kita bentuk kita akan bekerja, dan memanfaatkan memanfaatkan media sosial untuk promosikan pariwisata Mentawai," kata Hendra, pria yang saat ini bekerja di Dinas Kesehatan Mentawai. (kkc)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/3623-hendraashfihani-dinobatkan-sebagai-silangesiokko-mentawai-2016.html