Hadirkan Taman Buah, Malalak Bertekad Jadi Sentra Buah-buahan

Jumat, 28 Oktober 2016 07:58 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Kecamatan termuda di Kabupaten Agam, Malalak, kini punya taman buah. Taman tersebut ditanami aneka tanaman buah-buahan. Kini baru diisi ratusan berbagai jenis pohon buah-buahan. Rencananya akan terus diperluas. Malalak berkomitmen menjadi salah satu sentra buah-buahan di Sumatera Barat.

“Taman buah kami baru berisikan sekitar 110 batang tanaman. Menurut rencana akan dilengkapi dengan tanaman lainnya,” kata Harmezi, Camat Malalak, Jumat (28/10/2016).

Tanaman yang sudah ditanam, antara lain durian montong, sirsak, pepaya california, jeruk gunung omeh, pokad, pisang, tebu, dan jambu jamaica. Menurut rencana, taman buah itu akan ditanami juga dengan melon, anggur, markisa, dan tanaman bermanfaat lainnya. Sebagian besar bibit tanaman tersebut bantuan dari Pemkab Agam.

Lokasi taman memanfaatkan lahan di sekitar kantor camat. Lahan tersebut dulunya merupakan tanah timbun, yang sulit ditumbuhi tanaman. Namun, setelah melalui berbagai perlakuan, akhirnya bisa ditanami.

“Taman buah ini terwujud berkat gigihnya para karyawan kantor camat, didukung sepenuhnya para penyuluh pertanian dan perkebunan,” ujarnya pula.

Penanaman perdana bibit tanaman buah-buahan dilakukan Kepala Dishutbun Agam, Ir. Yulnasri, MM, Selasa (25/10/2016). Pada kesempatan itu, Yulnasri berpesan agar tanaman dirawat, dipupuk,dan disayangi. Dengan demikian tanaman akan membalas dengan buah yang banyak dan lezat.

Taman buah tersebut dibangun, di samping untuk memanfaatkan lahan kosong, juga untuk penyedia buah bergizi untuk warga sekitar. Penamannya ditata sedemikian rupa, sehingga indah dipandang mata.

“Di samping sebagai penyedia buah segar bergizi, taman buah itu juga benar-benar diharapkan menjadi sebuah taman nan indah. Aman itu bisa saja sebagai tempat rekreasi warga, tempat istirahat di kala jam istirahat bagi pegawai kecamatan, dan penghasil oksigen, yang mampu lebih menyegarkan udara di sekitar kantor camat.

Sementara Kadishutbun Agam, Ir Yulnasri, MM mengaku bangga dengan ide-ide cemerlang Camat Malalak, Harmezi. Ia sosok pejabat muda yang kreatif. Sebelumnya, ia sudah menggagas pembangunan Kampung Kopi Malalak, menganjurkan pengelolaan objek wisata burai-burai agar lebih baik, memotivasi warga untuk menyediakan tanah untuk pembangunan sebuah gedung SMA Negeri baru.

“Kini Camat Malalak membangun taman buah. Kami sangat mendukung. Sebagai bukti nyata kami telah mengantarkan bibit tanaman ke sana, seperti bibi t durian montong,” ujarnya.

Yulnasri memprediksi, dalam waktu dekat tanam buah itu akan menghasilkan,terutama dari tanaman seperti pepaya California, pisang, dan tebu. Sedangkan durian montong diperkirakan akan menghasilkan setelah beberapa tahun ke depan. Begitu juga pokad, dan jambu Jamaika. Ia yakin, taman buah Kecamatan Malalak akan menjadi percontohan di Kabupaten Agam. (MIA)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/3609-hadirkan-taman-buah-malalak-bertekad-jadi-sentra-buahbuahan.html