Kue Apam, Kuliner Khas Kinali Hadir Jelang Ramadan

Kamis, 19 Mei 2016 09:01 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Menyambut bulan Ramadan 1437 H, Pemerintah Nagari Kinali, Pasaman Barat, melakukan tradisi memasak apam di halaman kantor walinagarinya, kemarin.

Apam merupakan salah satu jenis kuliner khas Kinali yang menjadi makanan "wajib" dalam menyambut bulan suci Ramadan. Makanan terbuat dari tepung beras ini dihadirkan saat buka puasa.

Walinagari Kinali, Syafrial yang akrap disapa Mak Sutan, mengatakan, helat memasak apam ini tidak hanya sebatas melestarikan budaya dan menyambut bulan suci Ramadan, tapi juga sebagai ajang silaturahmi masyarakat Kinali dan kaum muslim.

"Ini bukan sekadar memasak apam saja, tapi lebih jauh dari itu sebagai ruang silarurahim masyarakat dan saling memaafkan untuk memasuki Ramadan," kata Mak Sutan.

Saat memasak apam dengan tungku tigo sajarangan berbahan bajar sukuah (daun kelapa) ini, semua warga bersama aparatur pemerintahan, duduk sahamparan.

Di saat itulah momen paling berharga untuk memperkuat kebersaman berlangsung.

"Masyarakat tampak kompak dan saling menghargai. Semangat ini harus dipertahankan untukl modal kemajuan dan keberhasilan pembangunan," katanya.

Dijelaskannya, semua hassil apam yang dimasak pada tidak hanya dibagikan pada warga yang hadir, sebagian diberikan warga yang tak bisa hadir.

"Ini merupakan helat tradisi Nagari Kinali," tambah Ketua PKK Nagari Kinali , Ny Juneti Artati Syafrial, yang didampingi Pengurus Bundo Kandung Kecamatan Kinali, Bundo Elmawati dan Bundo Kandung Nagari Kinali, Bundo Rektarena.

Diharapkannya, kegiatan sarat manfaat jadi wadah motivasi bagi seluruh warga Kinali. (kkc)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/2854-kue-apam-kuliner-khas-kinali-hadir-jelang-ramadan.html