Memilih Rumah Subsidi, Jangan Tertipu Brosur

Rabu, 04 Mei 2016 21:34 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Bagi masyarakat menengah, memiliki rumah yang nyaman untuk ditinggali tampaknya saat ini bukan menjadi impian lagi. Pasalnya, melalui program rumah subsidi dari pemerintah, saat ini masyarakat bisa membeli rumah dengan harga terjangkau serta fasilitas kredit yang mudah.

Selain membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), keberadaan rumah subsidi ini diharapkan juga dapat mengurangi angka kekurang rumah, karena berdasarkan laporan dari salah satu portal properti disebutkan angka backlog saat ini mencapai 13,5 juta di seluruh Indonesia.

Untuk di wilayah Sumatera Barat sendiri, untuk tahun 2016 ini rencananya akan dibangun 6.000 rumah subsidi yang tersebar di berbagai kabupaten/kota di Sumatera Barat seperti Solok, Payakumbuh, Dharmasraya, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Sijunjung, Padang Pariaman, Pasaman, dan Pasaman Barat, dengan kisaran harga di bawah Rp140 jutaan.

Kendati dijual dengan harga terjangkau, disarankan Anda jangan sembarangan membeli rumah, karena ternyata banyak rumah-rumah subsidi yang dijual dengan kondisi ala kadarnya.

Contohnya seperti infrastruktur menuju lokasi yang kurang baik, atau masalah sanitasi. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada diri Anda, sebaiknya sebelum membeli rumah, Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

Jangan Tertipu Brosur

Jangan tertipu dengan tampilan brosur, ada baiknya Anda langsung mengunjungi lokasi rumah subsidi tersebut, periksa dengan seksama apakah rumah yang dimaksud benar-benar nyaman untuk ditinggali. Contohnya seperti akses jalan yang baik, atau kondisi fisik bangunan rumah yang memang benar-benar kokoh.

Pilih Rumah yang Tidak Terlalu Jauh dengan Tempat Bekerja

Sebaiknya jangan memilih rumah yang jauh dari tempat kerja, karena hal tersebut akan membuat Anda stress, selain itu lokasi rumah yang jauh juga akan membuat Anda boros.

Akses Menuju Lokasi Rumah Bagus

Pilihlah rumah yang memiliki aksesbilitas yang baik. Artinya rumah tersebut memiliki lokasi yang strategis dan dapat dilalui oleh transportasi umum.

Selain itu, pilihlah rumah yang memiliki kondisi jalan yang baik, tidak berlubang dan tidak rawan longsor.

Periksa Kondisi Air

Air adalah sumber kehidupan, oleh karena itu pilihlah rumah yang memiliki saluran air yang baik, pastikan aliran air lancer baik di kamar mandi atau pun saluran air lainnya.

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah urusan sanitasi, pastikan septic tank dibuat dengan ukuran yang selayaknya yakni minimal 1,5 meter ke bangunan. Sementara jarak dari septic tank ke sumur pompa air bersih minimal 10 meter. (kkc)



Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/2775-memilih-rumah-subsidi-jangan-tertipu-brosur.html