Membuat Coklat Praline, Peluang Usaha Kreatif Ibu Rumah Tangga

Selasa, 16 Februari 2016 09:49 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Bagi sebagian besar ibu rumah tangga pasti ingin mempunyai penghasilan juga di rumah, bukan hanya untuk mencari tambahan penghasilan bisa juga sebagai ajang menyalurkan hobi, banyak yang bisa Anda lakukan di rumah.

Anda bisa memanfaatkan hobi yang Anda bisa sebagai bisnis yang menghasilkan uang, karena penghasilan yang didapat dari menyalurkan hobi akan menjadi kepuasan tersendiri dari seorang ibu rumah tangga.

Usahakan Anda mengerjakannya setelah melakukan tugas utama Anda sebagai ibu rumah tangga, misalnya setelah mengantar anak sekolah, atau setelah merapihkan rumah, maka Anda bisa melakukan hobi Anda dengan nyaman.

Jika Anda hobi akan menghias kue, maka membuat coklat praline bisa dijadikan contoh usaha modal kecil tahun 2016, karena Anda tidak membutuhkan keahlian khusus hanya membutuhkan ketelatenan dan imajinasi di dalam menghias kue, di samping coklat itu sendiri. Sebab proses sebenarnya di dalam membuat coklat praline adalah hanya mengubah bentuknya dari coklat batangan menjadi coklat imut praline dengan perantara cetakan.

Tak hanya membutuhkan keahlian khusus, peralatan yang diperlukan pun sangatlah sederhana, sehingga tidak memerlukan modal besar untuk memulai bisnis coklat.

Cukup bermodal sauce pan kecil dan mangkok yang tahan panas, si coklat batang bisa berubah wujud menjadi coklat cair yang kemudian bisa dilanjutkan ke proses selanjutnya yaitu proses membentuk coklat cair menjadi praline dengan bantuan cetakan coklat.

Setelah menuang coklat cair ke cetakan, proses selanjutnya adalah membekukan coklat cair ,dengan memasukkan ke freezer selama 5-10 menit tergantung suhu kulkas yang digunakan. Setelah didiamkan di freezer, coklat cair akan membeku, barulah bisa kita keluarkan dari cetakan, langsung bisa kita kemas dengan plastic wrap agar coklat praline buatan kita terjaga kebersihannya.

Untuk bentuk praline, kemasan, harga jual kita bisa melihat pangsa pasar yang akan kita tuju. Bila kita ingin memasarkan di sekolah dasar, bentuk coklat yang disukai anak anak yang harus kita buat, misalnya bentuk karakter kartun yang sekarang sedang tayang dan disukai anak,seperti boboi boy, upin ipin, spongebob dan lain lain.

Kemasan yang kita gunakan untuk pangsa ini, cukup yang simple saja, seperti menggunakan plastic kaca berhias pita mungil,sehingga harga jual yang kita tawarkan terjangkau oleh anak anak.

Awal memulai usaha, sudah pasti akan sulit bagi kita membuka atau mencari pelanggan. Janganlah malu dan ragu mengenalkan produk buatan kita kepada orang orang di sekitar kita.

Banyak cara untuk mempromosikan produk kita. Salah satunya adalah dengan membagikan free sample kepada orang orang disekitar kita, atau menjadikannya bingkisan kado saat kita diundang untuk acara ulang tahun atau pernikahan.

Momen hari raya pun bisa kita manfaatkan untuk launching produk coklat buatan kita. Bisa kita mulai bagi bagi free sample dan katalog/foto produk dari sebulan atau 2 bulan sebelum hari H bentuk coklat harus kita sesuaikan dengan event atau tema yang akan kita pakai.

Tak hanya bentuk, kemasanpun harus kita sesuaikan pula, yang otomatis akan berpengaruh pada harga jual yang akan kita tentukan. Biasanya, untuk hari raya, konsumen tidak akan begitu “rewel” dengan harga, selama bentuk dan kemasan yang kita tawarkan sesuai dengan harga yang kita tetapkan

Demikian penjelasan tentang, semoga bisa menginspirasi para ibu rumah tangga di dalam mencari peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan.(kkc)

Sumber: http://usaha2016.com/


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/2299-membuat-coklat-praline-peluang-usaha-kreatif-ibu-rumah-tangga.html