Miris, dari 209.488 Koperasi di Indonesia, Hanya 1 yang Masuk 300 Terbaik Dunia

Senin, 15 Februari 2016 15:26 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Menurut lembaga pemeringkatan koperasi, International Cooperative Alliance (ICA), hanya ada satu koperasi Indonesia yang masuk 300 koperasi terbesar dunia.

Sementara itu, Indonesia punya 209.488 koperasi. Sayangnya, ratusan ribu koperasi tersebut rata-rata memiliki skala usaha yang kecil, beberapa bahkan dinyatakan tidak dalam kondisi yang sehat.

Keprihatinan tersebut diungkapkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Anak Agung Ngurah Puspayoga, saat menggelar rapat dengan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN).

"Ada satu koperasi saja, yaitu koperasi Telkomsel yang masuk (peringkat) 123 dunia dari 300 koperasi dunia. Kita cukup kaget karena ICA keluarkan rilis, 100 terbaik ada di Amerika Serikat. Kita cuma kebagian cuma 1," katanya di kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Kuningan, Jakarta, Senin (15/2/2016) dikutip dari detik.com.

Diungkapkan Puspayoga, dari 209.488 tersebut, hampir semuanya merupakan usaha kecil menengah (UKM). Pengelolaannya pun, banyak yang belum dilakukan secara profesional.

"Ini yang kita angkat, kecil-kecil tak masalah, asal sehat. Selama ini, koperasi dianggap ecek-ecek. Mulai saatnya angkat koperasi yang bagus. Bagaimanapun juga anggota koperasi adalah para UKM-UKM kita," ujarnya.(kkc)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/2296-miris-dari-209488-koperasi-di-indonesia-hanya-1-yang-masuk-300-terbaik-duni.html