Lithuania Borong Kopi Luwak 5 Ton, 3.000 Ayam Potong

Selasa, 25 November 2014 03:51 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Target pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla seolah dibayar tunai oleh Duta Besar RI untuk Denmark dan Lithuania Prof Dr Bomer Pasaribu. Pemerintahan baru menginginkan setiap duta besar juga mempromosikan produk dalam negeri hingga realisasi ekspor.

Setelah diadakan pertemuan bisnis oleh Atase Perdagangan dan ALPK (Lithuanian Confederetion) di wilayah Klaipeda Free Economic Zone, kopi Luwak asli Indonesia makin berkibar di negeri Baltic ini. Melalui perusahaan Hens Co., kopi Luwak diborong sebanyak 5 ton oleh Nordic Industry. Nordic juga berkomitmen membeli 3.000 ekor ayam potong per bulan serta woodchip sebagai bahan pemanas di musim dingin.

Tak berhenti pada pertemuan bisnis, Dubes Bomer Pasaribu ikut ikut terlibat dalam Baltic Food and Beverages (BAF). Sebuah ajang ekspo bertaraf internasional untuk wilayah Baltic, di Litexpo, Vilnius, Lithuania.

Pameran BAF Litexpo merupakan pameran makanan dan minuman yang diselenggarakan setahun sekali. Stan Indonesia dibuat dalam aroma wangi khas kopi Luwak asli dan cerutu bercita rasa kopi

Perusahaan Hens Co. lagi-lagi mempromosikan kopi Luwak dan membagi-bagikan setiap bungkus kopi luwak seharga EUR 7 para pengunjung.

Pameran BAF 2014 diikuti oleh sekitar 100 exhibitor dari beberapa negara Eropa seperti Italia, Norwegia, Prancis, Islandia, Polandia, Lithuania, Latvia, Belarus, Yunani. Peserta Argentina mewakili Amerika Latin, sedangkan dari wilayah Asia diikuti oleh RRT, Sri Lanka, dan Indonesia.

"Keikutsertaan Indonesia pada pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan produk Indonesia di wilayah Baltic dan untuk memfasilitasi para pengusaha Indonesia yang ingin mengembangkan bisnis produk Kopi Luwak dan makanan ringan berciri khas Indonesia, yaitu kacang atom di wilayah Eropa," tegas Bomer Pasaribu, di sela kunjungannya ke stan Indonesia.

Stan Indonesia diwakili oleh 2 co-exhibitor perusahaan Indonesia, yaitu Hens Co. (kopi luwak, teh kayu dan lainnya, cerutu, dan tepung gluten free/cassava) dan Dua Kelinci (makanan ringan seperti kacang atom, kacang kulit, dan wafer).

Pengunjung BAF rata-rata adalah konsultan bisnis yang menangani ekspor impor internasional, buyer kopi/teh, dan masyarakat umum.

Sempat diadakan pertunjukan memasak. KBRI menyajikan masakan rendang dan opor ayam. "Opor ayam diserbu pengunjung," ujar Bomer. KBRI juga membagi-gaikan buku memasak masakan Indonesia kepada pengunjung.(kc)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/1352-lithuania-borong-kopi-luwak-5-ton-3000-ayam-potong.html