Nikmatnya Ayam Goreng Kremes

Kamis, 26 Desember 2013 05:55 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Resep membuat ayam goreng kremes sangat mudah dan ayam goreng tidak asing lagi di lidah kita, mendengar kata-kata ayam goreng rasanya perut jadi keroncongan pengin langsung bisa memakannya, mungkin anda ibu rumah tangga atau remaja putri yang hobi memasak atau yang baru belajar memasak untuk hidangan keluarga, ayam dapat kita olah menjadi berbagai masakan salah satunya ayam goreng kremes.

Berikut ini bumbu ayam goreng dan cara membuatnya :

Bumbu:
1 Ayam utuh, potong menjadi 4 bagian
1 Batang Serai, memarkan bonggolnya
2 Lembar Daun Salam
Garam halus secukupnya
Tepung Tapioka secukunya
Minyak Goreng

Bumbu halus:
4 butir Kemiri, sangrai terlebih dahulu
5 siung Bawang Putih
12 butir Bawang Merah
2 cm Jahe
2 buah Kunyit
2 cm Lengkuas
1/2 sendok teh Gula Pasir
2 sendok teh Garam
1/2 sendok Penyedap Rasa

Bahan kremes

25 g tepung beras
25 g tepung sagu
1 sdt baking powder

Cara membuat Ayam Goreng:

Ayam yang sudah di cuci bersih di lumuri dengan garam hingga rata, kemudian istirahatkan di dalam lemari pendingin kurang lebih 1 jam

Siapkan bumbu halus, setelah semua bumbu ayam goreng halus digiling dan bercampur rata, tumis bumbu halus hingga harum dengan sedikit minyak, kemudian masukkan batang serai dan daun salam, beri sedikit air (kira-kira sampai ayam terendam)

Kemudian masukkan potongan daging ayam, aduk dan tunggu sampai mendidih, kemudian ungkep ayam dengan api sedang hingga matang dan empuk.

Setelah ayam matang dan empuk tiriskan dari air ungkepannya.

Panaskan minyak goreng, goreng ayam hingga berwarna kecoklatan, tiriskan.

Cara membuat kremes renyah:

Ambil air sisa ungkepan ayam, buang daun salam dan sereinya, kemudian campur air rebusan dengan sedikit tepung tapioka, aduk rata. Kemudian goreng 2 sendok sayur adonan tepung dengan minyak panas. Tunggu hingga adonan mulai menggumpal dan berubah warna kemudian angkat tiriskan untuk menghilangkan minyaknya. Sajikan ayam goreng kremes dengan sambal terasi yang pasti akan menggugah selera.

Tips cara membuat Ayam Kremes

Goreng ayam menggunakan minyak yang banyak hingga ayam benar-benar terendam,  dengan cara ini akan menghasilkan warna yang merata di semua sisinya. Begitu juga dengan cara menggoreng kremesan, gunakan minyak yang banyak sehingga menghasilkan kremesan yang mekar dan renyah.

Inilah resep membuat ayam goreng kremes mudah-mudahan kelurga anda menyukai menu hidangan di atas, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.(kc/berbagai sumber)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/115-nikmatnya-ayam-goreng-kremes.html