Tips Memulai Bisnis Rental Mobil

Kamis, 09 Oktober 2014 01:12 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) -
Kebutuhan kendaraan semakin hari semakin meningkat, mereka menginginkan segala sesuatunya secara praktis dan mudah. Sehingga mereka memilih mobil untuk mengangkut semua anggota keluarga atau rekannya dalam satu kendaraan. Namun tidak semua orang telah memiliki mobil, peluang inilah yang dijadikan sebagai alasan jasa penyewaan mobil atau yang lebih dikenal dengan rental mobil. Berikut tipsnya:Usaha rental mobil biasanya menetapkan biaya sewanya secara harian. Bisa per 6 jam, 8 jam 12 jam, atau hingga 24 jam dengan biaya yang berbeda-beda. Penyewa tidak bertanggung jawab terhadap perawatan mobil, namun biaya sewa yang dibayar belum termasuk biaya BBM dan biaya sopir. Jika menginginkan sopir, jasa rental mobil juga menyediakan jasa sopir dengan tambahan biaya lagi. Karena biasanya pengusaha rental mobil memiliki relasi dengan sopir-sopir freelance yang siap sedia jika dibutuhkan.

Agar bisnis rental mobil Anda menghasilkan income yang maksimal dengan risiko yang kecil, berikut kami berikan beberapa tips sukses membuka usaha  jasa rental mobil :

Pilihlah tempat atau lokasi yang strategis, pahamilah selera konsumen, biasanya penyewa mobil lebih suka dengan mobil yang bermuatan banyak

Pilihlah mobil yang biaya operasionalnya kecil, harga suku cadangnya relative murah dan biaya perawatannya rendah. Ini akan menghemat biaya operasional Anda. Manfaatkan jasa asuransi untuk melindungi mobil Anda dari berbagai resiko

Manajemen administrasi yang jelas dan lengkap, sehingga data diri para konsumen dapat dilihat dan dilacak bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Bekerja sama dengan bengkel atau montir langganan, untuk memperbaiki ataupun perawatan mobil Anda. Agar memperoleh harga yang lebih murah.

Mengoptimalkan promosi melalui brosur, iklan baris, via online, dan pemasangan spanduk.

Jika memakai jasa sopir, pilihlah sopir yang baik (tidak ugal-ugalan) dan memiliki pengetahuan tentang jalan dan mesin. Selain mobil Anda akan lebih terawat, konsumen juga akan nyaman dan senang

Jika bisnis Anda telah berkembang, maka tambahlah stok mobil Anda. Anda bisa mencari tambahan modal untuk menambah mobil atau sekedar mengajak teman Anda yang memiliki mobil untuk bekerjasama


Carilah konsumen dari perusahaan atau instansi, agar bisa dijadikan sebagai pelanggan tetap yang selalu memakai jasa rental mobil Anda.

Beli Mobil Tanpa Perlu Mengangsur

Dengan menjalankan usaha rental mobil rumahan ini, bisa dibilang Anda membeli mobil hanya keluar DP, tanpa perlu mengangsur. Begini misalnya, Anda membeli mobil Xenia yang stAndard (ada AC, tape), DP 15-20 juta, dengan tenor 3 tahun, angsuran Anda sekitar 3 juta per bulan.


Dari situ berarti tiap bulan Anda tinggal mengangsur 3 juta, asumsi harga sewa sekitar 300 ribu tanpa sopir, dan 400 ribu dengan sopir per hari, maka tiap bulan mobil Anda hanya harus "bekerja" 10 hari, yang 20 hari bisa dipakai sendiri.

Sistem Pemasaran

Sebenarnya hal ini sangat mudah, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam memasarkan mobil Anda, ini karena banyak sekali orang yang berminat menyewa mobil, sedangkan mobil sewaan tidak banyak jumlahnya, ditambah lagi jika mobil Anda baru, pasti banyak sekali yang berminat menyewanya.

Anda bisa juga menerapakan strategi ini, yaitu beritahu semua teman kantor Anda, rekan kerja, tetangga, kenalan dan sebagainya tentang rental Anda itu, taruh brosur di tempat usaha Anda, membuat kartu nama, spanduk, menawarkan proposal ke sekolah, kantor dan biro travel, atau jika perlu Anda bisa beriklan di radio kota Anda.

Tetapi jika mobil Anda hanya satu, sebenarnya Anda tidak perlu melakukan itu, saya yakin dari pemasaran mulut ke mulut saja Anda pasti sudah akan kesulitan menolak permintaan sewa. (wk/kc)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/1111-tips-memulai-bisnis-rental-mobil.html