Wujudkan.com, Situs Pendanaan Patungan Asli Indonesia

Rabu, 08 Oktober 2014 04:18 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) -
Jakarta, kinciakincia.com—Indonesia tak ketinggalan mengikuti perkembangan teknologi informasi dunia. Buktinya, kini telah hadir pula situs pendanaan patungan atau yang dikenal dengan crowdfunding[/i] . Jika di Amerika Serikat kita bisa menemukan situs Kickstarter.com atau Indiegogo.com untuk menemukan pendanaan patungan (crowdfunding), di Indonesia kita bisa menemukan Wujudkan.com.Situs yang masih berada dalam fase beta ini sudah bisa diakses oleh siapa saja yang ingin menemukan sumber pendanaan bagi proyek-proyek kreatif mereka.

Wujudkan.com didirikan tahun 2011 oleh entrepreneur dan pekerja kreatif Amanda Ibrahim yang kini juga menjabat sebagai CEO-nya.


“Aspek 'crowd' atau komunitas harus lebih diutamakan daripada aspek pendanaannya. Itulah yang membedakan crowdfunding dari sumber-sumber pendanaan lainnya. Ada aspek sosial di situ,” kata Amanda Ibrahim seperti dilansir laman  http://www.ciputraentrepreneurship.com/

Per Desember tahun lalu, Wujudkan.com sudah menerima 416 proposal proyek kreatif. Dari semua yang masuk itu, setelah diseleksi, ada 130 proyek yang disetujui dan diluncurkan. Sementara yang sukses diwujudkan mencapai 15, dengan pendonor aktif mencapai 6051 orang.

Wujudkan.com patut dilirik bagi mereka yang ingin merealisasikan ide-ide kreatif mereka meskipun mengalami tantangan dalam hal finansial. Komunitas (crowd) di Wujudkan.com memang khusus bertujuan untuk mendukung ide-ide kreatif terbaik yang memberikan manfaat dan perspektif yang segar dari karya-karya mainstream yang sudah ada. Dengan crowfunding, idealisme berkarya tetap terjaga dan karya masih tetap bisa diproduksi untuk diapresiasi sebanyak mungkin orang.

Kata Amanda, yang membuat sukses sebuah proposal crowdfunding adalah kegigihan sang pengusul. "Mengumpulkan dana tidak mudah. Anda tidak bisa mengunggah proposal lalu bersantai dan menunggu orang akan menemukan Anda. Anda harus terus mempromosikannya beberapa kali sehari melalui jejaring sosial Anda," ujarnya. (wk/kc)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/1107-wujudkancom-situs-pendanaan-patungan-asli-indonesia.html