Festival Tabot Bengkulu Dongkrak Wisatawan

Rabu, 08 Oktober 2014 03:44 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) -
Bengkulu, kinciakincia.com—Festival Tabot yang menjadi kalender pariwisata Provinsi Bengkulu akan digelar pada 25 Oktober- 5 November 2015 mendatang.

"Jika tidak ada aral melintang pada 25 Oktober nanti, kita akan menggelar Festival Tabot 2014 selama 10 hari," kata Edi Nevian, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu  di Bengkulu, Selasa (7/10) dilansir www.bisniswisata.co

Ia mengatakan, dalam Festival Tabot selain menggelar berbagai perlombaan kesenian tradisional masyarakat Bengkulu juga akan menggelar bazar berbagai produk lokal yang dihasilkan kabupaten dan kota di daerah ini.

Disparbud Bengkulu juga akan mengundang sejumlah daerah di Tanah Air untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan bazar tersebut guna memeriahkan Festival Tabot 2014 di daerah ini.

"Kita sudah mengirim surat ke beberapa provinsi di Tanah Air untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan bazar di Festival Tabot Bengkulu tahun 2014. Biasanya cukup banyak provinsi yang ikut dalam bazar guna mempromoskan produk lokal yang dihasilkan mereka di festival tersebut," ujarnya.

Untuk menyukseskan Festival Tabot Bengkulu 2014, Disparbud Bengkulu, telah menyiapkan sekitar 1.000 stand untuk peserta bazar dari berbagai provinsi di Tanah Air.

Lokasi bazar Festival Tabot Bengkulu di kawasan pecinan Bengkulu. Selain lokasinya luas juga dekat dengan objek wisata alam Tapak Badri dan Benteng Malbrought.

"Jadi, masyarakat selain mengunjungi bazar juga dapat menikmati keindahan alam objek wisata Tapak Badri dan mengunjungi objek wisata sejarah Benteng Malbrought," ujarnya.

Edi Nevian mengatakan, tujuan digelarnya Festival Tabot setiap tahun ini selain untuk melestarikan seni budaya masyarakat Bengkulu juga sekaligus sebagai ajang promosi pariwisata Bengkulu ke masyarakat luar.

Masyarakat yang datang mengunjungi Festival Tabot tidak hanya dari masyarakat dari berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu, tapi juga banyak wisatawan dari berbagai daerah di Tanah Air yang datang ke daerah ini untuk menyaksikan festival tersebut.

Diharapkan wisatawan luar daerah yang datang ke Bengkulu untuk menyaksikan Festival Tabot ini, dapat mempromosikan pariwisata daerah ini di daerahnya, sehingga ke depan orang luar semakin banyak datang ke Bengkulu untuk menikmati keindahan berbagai objek wisata yang ada di daerah ini.

Wisatawan Meningkat

Tingkat kunjungann wisata ke Bengkulu dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada tahun 2013 lalu, jumlah kunjungan wisata ke Bengkulu mencapai 10.000 orang. Sedangkan tahun 2014 ditargetkan sebanyak 15.000 orang. Sebagian besar wisatawan yang datang ke Bengkulu berasal berbagai daerah di Tanah Air. Sedangkan wisatawan asing datang ke Bengkulu jumlah masih relatif sedikit. (wk/kc)

Untuk meningkatkan kunjung wisata lokal dan asing ke Bengkulu ke depan, Disparbud Bengkulu telah memprogramkan berbagai kegiatan skala nasional dan internasional di daerah ini, salah Festival Pantai dan kegiatan lainnya yang terkait dengan seni budaya daerah Bengkulu, katanyan. (wk/kc)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/1106-festival-tabot-bengkulu-dongkrak-wisatawan.html