Harga Gula Menguat di Pasar Bursa ICE Futures US

Selasa, 07 Oktober 2014 04:56 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) -
Jakarta, kinciakincia.com--Harga gula di bursa ICE Futures US pada penutupan perdagangan Senin 6 Oktober 2014 terpantau ditutup menguat signifikan. Penguatan harga gula di bursa ICE Futures US dipicu oleh ekspektasi akan bertambah mahalnya gula di pasar domestik Brasil untuk ekspor.Ekspektasi akan menguatnya nilai Real Brasil seiring pemilihan presiden di Brasil terpantau membuat harga gula di bursa ICE Futures US untuk bergerak menguat pada perdagangan Senin.

Dampak penguatan nilai Real terhadap akan semakin mahalnya harga gula domestik Brasil untuk pengiriman asal negara tersebut, turut mengangkat harga gula di ICE US. Imbas dari hal tersebut, harga gula pun naik di ICE US seiring akan semakin mahalnya harga gula untuk mengimpor.

Meskipun dapat menguat pada perdagangan Senin lalu akibat dorongan nilai Real, secara fundamental kondisi pergerakan harga gula masih cukup negatif. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi di pasar gula global yang cenderung over supply sedang sisi demand juga tergolong lemah.

Pada penutupan perdagangan Senin 6 Oktober 2014 di bursa ICE Futures US, harga gula terpantau ditutup menguat. Harga gula berjangka ICE Futures US untuk kontrak Maret 2015 ditutup naik 3,28% ke tingkat harga $16,98/ton atau menguat $0,54/ton.


Sementara pada perdagangan gula putih di bursa LIFFE, harga gula putih juga ditutup menguat pada perdagangan Senin lalu. Harga gula putih berjangka LIFFE untuk kontrak Desember 2014 ditutup naik 1,40% ke tingkat harga $434,40/ton atau menguat $6/ton.

Analis Vibiz Research Center memprediksi harga gula akan kembali melemah pada perdagangan hari ini di ICE Futures US. hal tersebut dilandasi oleh potensi penguatan nilai Dollar AS yang dapat melemahkan daya beli investor. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $16,20-$17,20 pada gula ICE US dan $415-$450 pada gula putih LIFFE. (wk/kc)


Sumber: http://www.bumn.go.id/


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/1097-harga-gula-menguat-di-pasar-bursa-ice-futures-us.html